Tahukah Anda, Apa Dan Menyerupai Apakah Vinir Itu?

ads
Vinir (veneer) yaitu lembaran tipis yang terbuat dari kayu. Kebanyakan, vinir yang ada di pasaran ketika ini mempunyai ketebalan antara 0,2 mm sampai 1mm. Umumnya, vinir dibentuk dari beberapa jenis kayu yang dikenal mempunyai serat dan tekstur yang tergolong indah menyerupai kayu jati, kayu mahoni, kayu sonokeling dan jenis kayu berserat dan bertekstur indah lainnya.
 yaitu lembaran tipis yang terbuat dari kayu Tahukah Anda, Apa dan Seperti Apakah Vinir itu?
gambar dari http://www.danzer.com
Vinir banyak dipakai oleh masyarakat sebagai pelapis furniture yang terbuat dari materi kayu olahan menyerupai MDF, particle board, blockboard dan jenis kayu olahan lainnya (baca kayu solid dan kayu olahan untuk menciptakan furniture). Pemberian pelapis vinir ini bertujuan biar tampilannya terlihat lebih indah dan terkesan lebih natural. Malahan, penggunaan pelapis vinir pada furniture berbahan kayu olahan mempunyai keunggulan yang sulit didapat pada penggunaan kayu solid yakni warna dan serat yang dihasilkan lebih seragam. Selain itu, keunggulan vinir lainnya yaitu tidak adanya gubal dan cacat kayu menyerupai lubang, mata kayu, hati kayu dan cacat kayu lainnya.

Dan dalam pengaplikasiannya, vinir sanggup dipakai pada materi berbidang datar ataupun materi yang berbidang lengkung. Sebab, intinya vinir memang sangat elastis, sehingga sanggup diaplikasikan mengikuti bentuk dari materi yang akan dilapisi.

Proses perekatan vinir pada permukaan materi (partikel board atau MDF) biasanya dilakukan dengan cara mengelemkannya dengan memakai lem kayu. Dan dalam proses pengeleman ini, diharapkan sedikit kehati-hatian biar hasil jadinya terlihat lebih rapi dan tidak tampak jikalau diberi pelapis vinir (tampak menyerupai kayu asli).

0 Response to "Tahukah Anda, Apa Dan Menyerupai Apakah Vinir Itu?"

Posting Komentar