Perbedaan Kayu Jati Emas Dan Kayu Jati Super

ads
Kayu Jati Emas dan Kayu Jati Super, Kayu Jati memiliki nama latin tectona grandis l.f. Atau dalam bahasa inggrisnya teak wood, kayu jati merupakan salah satu kayu yang dikenal oleh penduduk dunia sebagai kayu yang berkualitas terbaik untuk bahan baku industri pengolahan kayu.

Hal itu, karena kayu jati terbukti memiliki kekuatan, keawetan dan keindahan tersendiri dibanding dengan jenis kayu selain kayu jati.

Sehingga pantas jikalau kayu jati menjadi pilihan utama dalam pembuatan mebel, furnitur dan kerajinan-kerajinan kayu tingkat atas.
perbedaan kayu jati emas dan kayu jati super
Kayu Jati  Emas Dan Kayu Jati Super  via jati emas.wordpress.com
Kayu jati yang tumbuh di tanah nusantara sekarang ini banyak ragam jenis dan namanya, diataranya yang terkenal adalah jati emas dan kayu jati super, lalu apa persamaan dan perbedaan kayu jati emas dan kayu jati super ?

Persamaan kayu jati emas dan kayu jati super

Kayu jati emas dan kayu jati super sama-sama cepat tumbuh, dulu pohon kayu jati emas dan jati super untuk bisa dipanen harus menunggu berpuluh tahun atau kira-kira 20 tahunan, namun sekarang ini bersamaan dengan majunya teknologi dan ilmu pengetahuan, kedua jati ini bisa dipanen kurang dari usia 7 tahun

Jadi, sekarang ini kayu jati emas dan kayu jati super dapat dipanen 4 kali lebih cepat, yakni sekitar 5 s/d 7 tahun dengan garis tengah kurang lebih 30 cm.

Kedua kayu jati ini bisa bertambah tinggi 12 cm tiap bulannya dalam keadaan pohon kayu yang normal dan sehat. Sebab pemeliharaan,perawatan dan pemupukan tergolong sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan dan hasil panen pohon kayu jati.

Perbedaan kayu jati emas dan kayu jati super

Pohon kayu jati super dan kayu jati emas memiliki kecepatan yang hampir sama dalam pertumbuhannya, namun pohon kayu jati super lebih cepat melebihi pohon kayu jati emas serta batangnya lebih lurus, ini merupakan keunggulan tersendiri dari pohon jati super.

Pohon kayu jati super cukup bagus bila dipanen saat umurnya sudah mencapai sekitar umur 15 tahun, karena di usia itu kayu jati super sudah bergaris tengah kurang lebih 40 cm.
Baca Selengkapnya : Keunggulaan Kayu Jati Super Gama

Jadi, Kayu Jati super merupakan Jati hasil kultur jaringan yang berasal dari kebun jati di Malaysia, Asal clone Jati super yaitu berasal dari Thailand dalam periode waktu 15 tahun garis tengahnya bisa mencapai 35 sampai 40 cm dengan tinggi 20 meter dan percabangannya diatas 6 meter.

Keunggulan Jati super dibanding dengan Jati umumnya dari Tipe kayu Jati Jawa yang datang dari biji diantaranya adalah sebagai berikut ini :
suplai bibit terjamin dengan cara kontinyu,bibit bebas dari keracunan hama serta penyakit tanaman, biaya perawatan Jati lebih rendah serta perawatannya pun lebih mudah, bentuk batang kayu jati super lebih lurus, serta percabangannya sedikit, tingkat perkembangan pertahunnya lebih cepat, kesehatan bibitnya juga terjamin, perkembangan tanaman lebih seragam kira-kira 90%sedangkan keseragaman jati asal bibit dari biji hanya 20% saja.

Berikut tabel Pertumbuhan Kayu Jati Super Hasil Kultur Jaringan,
kayu jati super
kayu jati super

Kayu Jati emas juga memiliki keunggulan tersendiri yang tidak dimiliki pohon kayu jati super, yaitu kayu jati emas lebih keras dan tampilannya yang lebih bagus, karena kayu jati emas lebih mengkilap dan kuning ke-emas-emasan warnanya dibanding jati lainnya.

Sebenarnya pohon kayu jati emas juga berbatang lurus, jarang bengkok dan hanya sebagian kecil yang tidak lurus, namun masih kalah dengan kayu jati super.

Kayu jati emas memiliki kekurangan yang mencolok yaitu sangat banyak gubal kayu-nya dan pori-pori yang dimiki kayu jati emas tergolong lebih besar-besar, sehingga kayu nampak kurang padat.
Selengkapnya : Pohon kayu jati emas

0 Response to "Perbedaan Kayu Jati Emas Dan Kayu Jati Super"

Posting Komentar