Tentang Kayu Agathis ....

ads
Kayu agathis !!! Mungkin bagi orang-orang pencinta alat musik nama jenis kayu ini tidaklah asing. Yups, kayu agathis memang sering dipakai oleh industri pembuat alat musik yakni sebagai materi baku untuk pembuatan gitar. Meskipun, kualitas bunyi dari produk yang dihasilkan dengan memakai kayu agathis tidak baik-baik amat, tapi kayu ini dapat dijadikan alternatif lantaran harganya tergolong lebih murah dibanding jenis materi gitar lainnya.

Oia, di Indonesia, kayu agathis termasuk salah satu jenis kayu yang bernilai komersial lho (baca macam-macam kayu bernilai komersial). Hal tersebut dikarenakan banyaknya seruan terhadap kayu ini sehingga popularitasnya terangkat dan mempunyai nilai tawar di pasaran.
 memang sering dipakai oleh industri pembuat alat musik yakni sebagai materi baku untuk p Tentang Kayu Agathis ....
gambar dari http://images.fordaq.com

Selain diperlukan oleh para pembuat gitar, bergotong-royong kayu agathis ini juga banyak diperlukan oleh industri-industri pengolahan kayu lainnya. Dalam prakteknya, sering kali industri-industri pengolahan kayu itu memakai kayu agathis sebagai materi baku dalam proses produksinya. Mereka memakai kayu ini untuk menciptakan banyak sekali macam produk furniture indoor yang bernilai jual tinggi di pasaran menyerupai meja kantor, kabinet dapur dll. Selain itu, kayu agathis juga banyak dipakai oleh pabrik plywood sebagai materi baku untuk menciptakan triplek atau multiplek.

Bagi yang belum begitu memahami menyerupai apakah kayu agathis itu, berikut ini yakni spesifikasi dan sekaligus ciri-ciri umum kayu agathis:
  • Warna kayu: Dalam kondisi sudah berupa papan, bab teras dan gubal kayu ini umunya berwarna sama yakni berwarna kuning tapi agak keputih-putih, dan terkadang ada yang berwarna kuning coklat agak merah jambu. Kaprikornus antara bab teras dan gubal pada kayu agathis ini hampir tidak terlihat batasnya. (baca apa itu gubal dan teras)
  • Tekstur kayu: kayu agathis banyak disenangi oleh masyarakat lantaran kayu ini memang dikenal mempunyai tekstur yang anggun yakni bertekstur halus dan merata.
  • Arah serat pada kayu: kebanyakan arah serat pada kayu agathis lurus, tapi kadang kala terpilin. Dan bila diraba, permukaan kayu ini terasa licin.
  • Bobot kayu: kayu agathis tergolong jenis kayu yang ringan meskipun tidak seringan kayu sengon ataupun kayu jabon. Menurut indonesianforest.com, kayu agathis mempunyai berat jenis kering rata-rata sebesar 0,49.
  • Tingkat keawetan kayu: Kayu ini tergolong jenis kayu yang tidak awet-awet amat dan juga tidak gampang lapuk. Kaprikornus dengan kata lain tingkat keawetannya sedang. Menurut data dephut.go.id, tingkat keawetan kayu agathis ini tergolong kelas IV dan tingkat kekuatannya tergolong kelas III.
  • Tingkat kekerasan kayu: tergolong sedang.
  • Sifat pengerjaan kayu: dalam prakteknya, pengerjaan kayu agathis tergolong mudah, kayu ini gampang dipotong, diserut, dibuat dll.

0 Response to "Tentang Kayu Agathis ...."

Posting Komentar