Bagian Dari Kayu Yang Paling Awet

ads
Jika ada pertanyaan, bagian manakah pada kayu yang paling baka dan kuat? Dengan impulsif saya akan menjawab: belahan teras. Anda tahu mengapa? Sebab belahan teras pada kayu ini memang dikenal sebagai belahan yang mempunyai tingkat keawetan yang jauh lebih baik dari pada belahan gubal (baca apa itu kayu teras dan gubal). Hal ini terbukti pada berbagai produk berbahan kayu yang ada disekitar kita menyerupai produk furniture, niscaya yang keropos atau lapuk duluan ialah belahan gubal.

Mengapa kayu teras lebih baka daripada belahan gubal?
bagian manakah pada kayu yang paling baka dan besar lengan berkuasa Bagian dari Kayu yang Paling Awet
gambar dari http://iamfarikha.blogspot.com

Selain lantaran adanya kandungan unsur kimia (zat toxic), yang mengakibatkan belahan teras lebih baka dari pada belahan gubal lainnya ialah lantaran belahan teras mempunyai pori-pori yang lebih padat dibanding belahan gubal. Kepadatan pori-pori ini mengakibatkan belahan teras menjadi lebih keras sehingga tidak gampang diserang oleh rayap.

Lalu, mengapa kayu gubal gampang keropos atau lapuk?

Yang menjadi penyebab kayu gubal menjadi belahan yang lebih gampang lapuk dan rentan diserang rayap ialah lantaran belahan ini mempunyai banyak rongga (banyak ruang kosong di dalam kayunya) sehingga kurang keras. Banyaknya rongga ini disebabkan lantaran pori-porinya yang besar.

Apakah belahan kayu yang baka ( maksudnya belahan teras) ini berlaku untuk semua jenis kayu?

Tentu saja!!! apapun jenis kayunya, entah itu kayu jati, kayu kamper, kayu merbau atau jenis kayu yang lainnya, tetap saja belahan teras ialah belahan dari kayu yang terbukti lebih baka dibanding belahan gubalnya. Oleh lantaran itu, bila anda mempunyai rencana untuk menciptakan produk berbahan kayu menyerupai furniture dll, usahakan hanya memakai belahan terasnya saja, tapi bila tidak memungkinkan, bolehlah ada gubalnya tapi sebisa mungkin persentase belahan gubal ini diminimalkan.

0 Response to "Bagian Dari Kayu Yang Paling Awet"

Posting Komentar