Cara Melaksanakan Finishing Melamine Pada Furniture

ads
Melamine, ketika ini telah menjadi salah satu jenis bahan finishing yang banyak digunakan oleh para pelaku perjuangan furniture untuk memperindah tampilan furniturenya. Melamine dipilih lantaran  kualitas hasil final yang didapat memang terbukti sangat baik, tampilan furniture terlihat lebih indah dan elegan, selain itu, hasil hasilnya juga jauh lebih halus daripada memakai jenis finishing kayu yang lainnya (politur). Akan tetapi, cara memakai atau mengaplikasikan melamine tidak semudah ketika memakai jenis finishing politur. Untuk itu, berikut ini yaitu cara atau beberapa tahapan yang berkhasiat bagi anda yang ingin memfinishing mebel kayu anda mulai dari mentah sampai siap pakai atau siap jual dengan memakai jenis finishing berbahan melamine:

 ketika ini telah menjadi salah satu jenis  Cara Melakukan Finishing Melamine Pada Furniture
hasil final finishing melamin doff brand alfa gloss
 ketika ini telah menjadi salah satu jenis  Cara Melakukan Finishing Melamine Pada Furniture
melamine sanding sealer brand alfa gloss
Pertama : Dempul terlebih dahulu pada bab cacat kayu menyerupai mata mati, hati, lubang dll. Untuk jenis lem yang digunakan untuk mendempul pada tahapan ini disarankan memakai lem epoxy (terdiri dari resin dan hardener) alasannya yaitu lem epoxy sangat besar lengan berkuasa dan tidak gampang lepas atau pecah. Lem ini banyak dijual di toko-toko bangunan.

Kedua : sesudah dempulnya benar-benar kering, kemudian gerinda barang tersebut memakai kertas gosok no 80 atau 100 sampai permukaan kayunya benar-benar rata dan datar (tidak bergelombang). Proses penggerindaan ini membutuhkan keahlihan, kalau anda rasa pekerja anda kurang jago dalam memakai mesin grinda, sebaiknya jangan dipaksakan alasannya yaitu barang tersebut malah akan menjadi rusak (akan terlalu bergelombang). Ada alternatif lain yakni dengan cara menggosoknya secara manual memakai kertas gosok no 40 (paling kasar).
Untuk tahapan yang kedua ini, hasil yang ditargetkan bukan halusnya barang melainkan barang tersebut harus benar-benar rata dan datar (tidak bergelombang) terlebih dahulu.

Ketiga : sesudah proses kedua selesai, kemudian dilanjutkan dengan menggosok lagi dengan kertas gosok no 150. Tahapan ini dikerjakan secara manual dan hasil final yang ditargetkan yaitu kehalusan barang.
Penting : tahapan pertama sampai ketiga harus benar-benar anda kontrol alasannya yaitu kualitas hasil final nanti banyak ditentukan oleh tahapan ini.

Keempat : Jika furniture yang anda kerjakan tersebut dirasa sudah baik dan cukup kemudian dilanjutkan dengan mengkuaskan wood filler pada permukaan kayunya. Untuk meminimalisir biaya, anda sanggup menggantinya memakai materi lain yakni adonan sendiri. Bahan yang diperlukan yaitu talek, oker kuning, oker merah, lem putih (lem fox atau sejenisnya) dan air. Dan cara mencampurnya, dengan  perbandingan talek 1 kg : oker kuning  ± ½ ons : oker merah ± ¼ ons : lem putih 1 bungkus kemudian dicampur air dan diaduk sampai benar-benar bercampur (airnya jangan terlalu banyak, dibikin kental saja).

Kelima : Setelah kering, gosok lagi furniture yang sudah dikuas wood filler tersebut dengan kertas gosok no 180 atau 220 sampai bersih.

Keenam : kuas lagi dengan sanding sealer yang sudah dicampur tinner. Cara mencampurnya sanding ½ kg : tinner 1 liter (Tiner ND) dan tambahkan hardener secukupnya semoga cepat kering.

Ketujuh : sesudah sandingnya kering, kemudian tutup pori-pori kayu yang kecil-kecil dengan memakai wood filler yang kental. (yang ini jangan memakai materi adonan sendiri ya)

Kedelapan : Gosok dengan kertas gosok no 180 atau 220.

Kesembilan : sesudah selesai, kemudian lanjutkan dengan proses pewarnaan  dengan memakai spray atau spet. Cara membuatnnya, sanding sealer 1 kg + tinner 1 kg + woodstain (warna sesuai selera : darkbrown, candy brown, walnut brown dll) dan jangan lupa kasih hardener secukupnya.

Kesepuluh : sesudah kering, gosok memakai kertas gosok air no 400 (ini membutuhkan pekerja yang berpengalaman alasannya yaitu kalau tenaga pemula, sangat rawan warna menjadi hilang dan menjadi berbelang)

Kesebelas : kalau selesai, semprot dengan sanding sealer. Campurannya : sanding sealer 1 kg + tinner 1 liter ( tiner A spesial) + hardener. Lalu biarkan sampai kering, disarankan biarkan selama sehari

Kedua belas : Setelah kering, gosok lagi memakai kertas gosok air no 400 (dibutuhkan tenaga kerja yang berpengalaman)

Ketiga belas: Seprot dengan melamine clear, sanggup doff, gloss atau semi gloss sesuai selera. Campurannya: clear 1 kg + tinner 1 liter (tiner A spesial) dan hardener secukupnya (jangan terlalu banyak semoga hasilnya benar-benar halus. 
Lalu Selesai dan furniture anda telah difinishing tinggal nunggu kering kemudian siap digunakan atau dijual!!!

0 Response to "Cara Melaksanakan Finishing Melamine Pada Furniture"

Posting Komentar