Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan Di Tegal Duwur

ads
Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan Di Tegal Duwur - Tegal Duwur merupakan sebuah dusun dan masuk wilayah kelurahan Desa Pokak, Kecamatan Ceper. Berjarak kurang lebih 7 kilometer dari sentra kota Klaten. Di Desa Tegal Duwur ini terdapat beberapa pengrajin kerajinan kayu handicraft berupa miniatur mobil-mobilan antik yang terbuat dari kayu limbah bekas mebel. Dengan materi baku dari kayu limbah mebel, di Desa Tegal Duwur ini kayu-kayu limbah tersebut diolah menjadi sebuah cinderamata berupa kerajinan miniatur mobil-mobilan antik. Berbagaimacam jenis dan model miniatur mobil-mobilan hasil dari tangan-tangan kreatif pengrajin di Desa Tegal Duwur ini. Hasil produk kerajinan handicraft dari Desa Tegal Duwur ini bisa kita temui di pusat-pusat daerah wisata.

 merupakan sebuah dusun dan masuk wilayah kelurahan Desa Pokak Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan Di Tegal Duwur
Beberapa Contoh Produk Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan

Lokasi Peta Dusun Tegal Duwur

Jika anda hendak mengunjungi Desa Tegal Duwur anda bisa melihat peta Google Maps berikut ini. Perlu diketahui Dusun Tegal Duwur merupakan bab dari Desa/Kelurahan Pokak, Kecamatan Ceper 57465, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah, Indonesia.

Lokasi Peta Tegal Duwur


Lihat Dusun Tegal Duwur di peta yang lebih besar

Perkembangan Usaha Kerajinan Handicraft Di Dusun Tegal Duwur

Kerajinan antik miniatur mobil-mobilan dari Dusun Tegal Duwur dimualai sekitar pertengahan tahun 90an sekitar tahun 1994 waktu itu cuma ada satu atau dua pengrajin saja dan lambat laun bangun pengrajin-pengrajin lainya. Krisis ekonomi Indonesia tahun 1998 menghipnotis omset para pengrajin kerajinan tersebut. Bom Bali 1 dan 2 juga turut andil menambah keterpurukan para pengrajin mobil-mobilan antik tersebeut. Karena Bali ialah tujuan terbesar pemasaran hasil produk kerajinan kayu dari Dusun Tegal Duwur ini.

 merupakan sebuah dusun dan masuk wilayah kelurahan Desa Pokak Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan Di Tegal Duwur
Pengrajin Kerajinan Kayu

Sebelum itu perkembangan perjuangan kerajinan di Dusun ini sangat berkembang, banyak bangun pengrajin-pengrajin gres hal ini bermanfaat sekali terciptanya lapangan pekerjaan untuk pemuda-pemuda sehingga mengurangi pengangguran. Banyaknya pengrajin dan persaingan perjuangan yang tidak sehat menciptakan perkembangan perjuangan di Dusun Tegal Duwur mengalami kemunduran. Masih banyak faktor-faktor lain yang menghipnotis diantaranya semakin sulit dan bertambah mahalnya materi baku sementara harga jual produksi yang rendah. Sehingga hal tersebut menghipnotis upah pekerja sehingga banyak yang beralih pekerjaan lain dan para pengusaha juga banyak yang gulung tikar. Hingga kini tahun 2013 Para pengrajin yang masih bertahan hanya bisa digarap sendiri tanpa memiliki karyawan dan nilai jual produk juga masih rendah sementara harga materi baku terus mengalami kenaikan.

Macam-Macam Jenis Kerajinan Kayu Miniatur Mobil-Mobilan

Sebenarnya masyarakat kita sangat kreatif dan inovatif, terbukti dari hanya sebuah limbah kayu mebel yang dahulu hanya dijadikan kayu bakar melalui tangan-tangan terampil ini bisa dirubah menjadi sebuah cinderamata berupa souvenir kerajinan kayu antik mobil-mobilan. Apa saja sih jenis-jenis dan model kerajinan tangan handicraft tersebut? berikut ini beberapa jenis dan model nama dari masing-masing produk kerajinan kayu handicraft dari Dusun Tegal Duwur, Pokak, ceper, Klaten diantaranya:

  1. VW : terdiri dari jenis VW kodok buka dan VW kodok tutup juga VW kombi.
  2. Ontran : berbentuk menyerupai kereta.
  3. Vespa : berbentuk sekuter
  4. Helikopter
  5. Perahu Pinisi
  6. Pesawat : terdapat beberapa model diantanya Jet F16
  7. Sepeda Onthel
  8. Limousine
  9. Mercy
  10. Kereta Locomotif
  11. Harley Davidson
  12. Becak
  13. Dan masih banyak lagi.
Sebenarnya kerajinan tersebut bisa memiliki nilai jual yang tinggi kalau kita mau lebih meningkatkan kualitas. Demikianlah sekedar warta kerajinan singkat dari Blog yang berjudul "Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan Di Tegal Duwur" biar bermanfaat, Terimakasih.


0 Response to "Kerajinan Kayu Antik Mobil-Mobilan Di Tegal Duwur"

Posting Komentar