Kayu Sonokembang - Termasuk Jenis Kayu Bernilai Komersial Di Indonesia

ads
Kayu sonokembang? Yups, kayu sonokembang ini juga termasuk salah satu jenis kayu khas dari tempat tropis yang terbukti mempunyai nilai komersial cukup baik di pasaran (baca daftar kayu bernilai komersial). Di Indonesia, kayu yang juga dikenal dengan nama kayu angsana ini banyak tersebar di beberapa tempat menyerupai di Sumatera, Jawa, Sulawesi, Maluku dan Sumba.

Meskipun kayu sonokembang ini sanggup dibilang masih kalah terkenal kalau dibandingkan dengan jenis kayu pertukangan lainnya menyerupai kayu jati, kayu mahoni ataupun kayu sonokeling, tapi di kalangan para pengolah atau para pengrajin kayu, penggunaan kayu ini ternyata juga cukup banyak. Umumnya, oleh mereka, kayu sonokembang ini dipakai sebagai materi baku untuk menciptakan banyak sekali produk furniture layaknya kayu jati menyerupai meja, kursi, ukir-ukiran dll. Selain itu, kayu sonokembang juga umum dipakai sebagai kayu bangunan menyerupai reng dan usuk.
 kayu sonokembang ini juga termasuk salah satu jenis kayu khas dari tempat tropis yang ter Kayu Sonokembang - Termasuk Jenis Kayu Bernilai Komersial Di Indonesia
gambar dari http://dishut.jabarprov.go.id

Kayu sonokembang banyak dipakai oleh masyarakat (para pengrajin kayu) lantaran kayu ini terbukti cukup kuat, meskipun tidak sekuat dan seawet kayu jati, tapi tingkat kekuatannya tidak mengecewakan baik sanggup dikatakan setara dengan tingkat kekuatan dan keawetan kayu mahoni.

Untuk lebih mengenal mengenai kayu sonokembang ini, berikut ini yakni spesifikasi (ciri-ciri) dari kayu sonokembang:
  • Warna kayu: kayu ini umumnya berwarna kuning, meskipun ada juga yang berwarna coklat renta (mendekati merah).
  • Tekstur kayu: kayu sonokembang mempunyai tekstur yang agak halus dan ada juga yang sedikit agak kasar. Karena teksturnya inilah kayu sonokembang sanggup dipakai untuk menciptakan gesekan dengan baik.
  • Bobot kayu : termasuk berbobot sedang (hampir sama dengan bobot kayu mahoni).
  • Tingkat keawetan : tidak mengecewakan infinit (termasuk jenis kayu dengan tingkat keawetan kelas II).
  • Tingkat kekuatan : Lumaya berpengaruh (tergolong ke dalam jenis kayu dengan kelas berpengaruh II).
  • Tingkat kekerasan: termasuk sedang tapi ada juga yang keras.
  • Daya retak : rendah
  • Kembang susut : kecil
  • Proses pengeringan atau pengovenan: termasuk baik. Sebab umumnya, tidak akan terjadi cacat yang begitu berarti saat kayu ini di keringkan atau dioven.
  • Sifat pengerjaan : termasuk mudah. Kayu sonokembang ini sanggup dengan gampang dipotong, digergaji, digerinda atau digosok, dibuat dll. Oleh alasannya yakni itu, kayu ini banyak dipakai oleh para pengrajin furniture untuk menciptakan beraneka macam furniture.

0 Response to "Kayu Sonokembang - Termasuk Jenis Kayu Bernilai Komersial Di Indonesia"

Posting Komentar