Alat-Alat Pertukangan

ads
Dalam industri permebelan, keberadaan alat-alat pertukangan yang memadai sangatlah penting. Sebab keberadaan peralatan yang memadai ini akan sangat kuat terhadap efisiensi pengerjaan atau efisiensi proses produksi yakni dapat lebih menghemat waktu dan biaya. Apalagi, penggunanya trampil dalam memakai alat-alat pertukangan tersebut.

Berikut ini ialah jenis-jenis peralatan pertukangan standart yang mutlak harus ada dalam industri permebelan :

 yang memadai ini akan sangat kuat terhadap efisiensi pengerjaan atau efisiensi pro Alat-alat Pertukangan
gambar dari http://mulyojatiindah.blogspot.com
1. Bandsaw : alat ini dapat dianggap penting tapi juga dapat tidak. Maksudnya, bagi industri permebelan yang materi bakunya (kayu) sudah berupa lembaran atau sirap, keberadaan alat ini tidak penting. Tetapi kalau persediaan materi baku masih berupa kayu gelondong atau kayu log, keberadaan alat ini sangat penting lantaran bandsaw ialah gergaji serkel yang ukurannya besar, fungsinya untuk menggergaji kayu gelondong menjadi sirap atau lembaran.

2. Mesin serut atau mesin plener : Keberadaan mesin ini mutlak harus ada, mesin ini berfungsi untuk meratakan bidang kayu sebelum dibentuk. Secara garis besar, mesin plener ini ada 2 jenis yakni mesin plener  meja dan mesin plener tangan atau genggam.
 yang memadai ini akan sangat kuat terhadap efisiensi pengerjaan atau efisiensi pro Alat-alat Pertukangan
gambar dari http://anakunhas.com

Mesin plener meja : jenis alat serut ini lebih cocok dipakai untuk meratakan kayu yang berbidang lebar menyerupai lemari, meja, pintu dll

Sedangkan mesin plener tangan sangat fleksibel, dapat untuk meratakan kayu berbidang lebar maupun belahan kayu yang sulit dijangkau. Tapi, biasanya plener tangan ini dipakai untuk meratakan sambungan antar komponen kayu.

3. Mesin profil : mesin ini sering diharapkan untuk pembuatan variasi profilan pada kayu.

4. Mesin gergaji : mesin gergaji ini ada banyak macamnya, tetapi hanya ada 2 jenis yang paling penting yakni :

pertama ialah mesin gergaji potong yang berfungsi untuk memotong bidang lurus

kedua ialah mesin gergaji serkel yang mempunyai fungsi untuk memotong atau membentuk kayu supaya risikonya bengkok atau melengkung.
 yang memadai ini akan sangat kuat terhadap efisiensi pengerjaan atau efisiensi pro Alat-alat Pertukangan
gambar dari http://www.perkakasku.com

5. Mesin bor : berfungsi untuk mengebor kayu.

Dan alat-alat pendukung lainnya adalah

1. Palu : berfungsi sebagai alat dorong materi embel-embel lainnya menyerupai untuk menancapkan paku pada kayu.

2. Tata atau pahat : alat ini mempunyai banyak kegunaan. Alat ini juga dapat dipakai untuk menciptakan lubang purusan pada kayu.

3. Obeng : alat ini berfungsi untuk memasang sekrup pada kayu.

4. Siku : alat ini berfungsi untuk mengetahui tingkat kesikuan barang pada ketika dikerjakan.

5. Jidar atau mistar : biasanya, alat ini dipakai untuk menciptakan garis lurus pada kayu semoga ketika kayu tersebut digergaji, risikonya dapat benar-benar lurus.

6. Pensil : biasa dipakai untuk menciptakan mal atau bentuk komponen untuk barang yang akan dibuat.

Selain alat-alat pertukangan yang sudah disebutkan di atas itu, gotong royong masih ada peralatan lain yang biasa dipakai dalam industri permebelan, tapi peralatan di atas sudah cukup atau alat standar yang harus ada dalam industri permebelan semoga proses produksinya dapat lebih lancar dan lebih efisien terhadap waktu dan biaya juga tentunya.

0 Response to "Alat-Alat Pertukangan"

Posting Komentar