Simak Perihal Rotan !!!

ads
Rotan, merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang banyak dihasilkan oleh Indonesia. Bukan itu saja, setidaknya ada 5 tempat di negara ini yang selama ini dikenal sebagai tempat penghasil rotan yang tergolong tidak mengecewakan banyak yakni pulau Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, Maluku dan Papua.

Dan sebagai sebuah negara penghasil rotan terbesar di dunia, tidak heran kalau Indonesia sangat mengandalkan rotan sebagai salah satu sumber devisanya. Hal tersebut tidaklah hiperbola alasannya yaitu kalau dilihat dari sepak terjangnya selama ini, rotan terbukti bisa dan berhasil menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara.
 merupakan salah satu hasil hutan non kayu yang banyak dihasilkan oleh Indonesia Simak Tentang Rotan !!!
gambar dari http://sudewi2000.wordpress.com

Lho, kok bisa? Tentu saja bisa, selain lantaran nilai komersial rotan itu sendiri yang tidak mengecewakan tinggi di pasaran, keberhasilannya menjadi salah satu penyumbang devisa terbesar bagi negara juga sangat dipengaruhi oleh tinggi ajakan dunia terhadap rotan, ajakan tersebut banyak berasal dari negara-negara industri rotan skala kecil maupun skala besar ibarat China dan Filipina.

Apakah Di Indonesia tidak ada industri rotan?

Tentu saja ada, bahkan kalau dihitung semua, mulai dari yang home industri sampai industri yang skala besar mungkin jumlahnya niscaya sangat banyak. Tapi dari sekian banyaknya industri rotan di Indonesia itu, setidaknya ada dua tempat yang dikenal sebagai tempat industri rotan yang paling besar di Indonesia yakni di Cirebon (Jawa Barat) dan Gresik (Jawa Timur).

Digunakan untuk apakah rotan itu?

Secara umum, rotan banyak dipakai oleh industri rotan untuk menciptakan berbagai produk furniture ibarat kursi, sekat ruang (sketsel), rak buku dll. Di samping itu, rotan juga banyak dipakai para perajin (pelaku home industri) untuk menciptakan berbagai kerajinan, ibarat keranjang, tempat lampu, tikar, kerai dll.

0 Response to "Simak Perihal Rotan !!!"

Posting Komentar