Kualitas Kayu Jati Sebagai Kayu Pertukangan

ads
Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu tropis yang dikenal mempunyai kualitas sangat baik. Kayu jati berasal dari pohon jati yang mempunyai masa pertumbuhan sangat lama. Itu sebabnya persediaan kayu ini dipasaran tergolong sedikit dan harga untuk jenis kayu ini tergolong mahal.
Kayu jati merupakan salah satu jenis kayu tropis yang dikenal mempunyai kualitas sangat bai Kualitas Kayu Jati Sebagai Kayu PertukanganMungkin ada sebagian dari pembaca blog ini tidak sependapat dengan opini di atas yang menyebutkan jikalau persediaan kayu jati dipasaran tergolong sedikit, lantaran pada kenyataannya, banyak sekali industri permebelan yang memakai kayu jati sebagai materi baku dalam memproduksi banyak sekali macam produk olahan kayu. Hal tersebut memang benar adanya, yang dimaksud sedikit yaitu untuk kayu jati yang benar-benar berkualitas baik yang ditunjukkan pada tuanya umur kayu tersebut. Sedangkan kebanyakan kayu jati yang ada dan digunakan oleh industri-industri permebelan kini ini jarang ada yang berumur tua, atau dengan kata lain kayu yang digunakan tergolong relatif muda. Mungkin kayu tersebut diambil dari dari pohon yang berumur kurang dari 20 tahun.

Untuk industri permebelan yang memakai kayu jati renta sebagai materi baku dalam proses produksinya, tentu harganya akan lebih mahal. Tetapi kayu jati renta mempunyai banyak kelebihan daripada memakai kayu jati muda. Mau tahu kelebihannya apa? Secara umum kelebihan kayu jati renta terletak pada tingkat keawetan dan tingkat keindahan yang ditonjolkan oleh kayu tersebut.

Tingkat keawetan: Kayu jati renta mempunyai tingkat keawetan sangat manis meskipun tanpa diberi bahan-bahan pegawet kayu. Mungkin bahkan keawetan kayu ini bisa untuk generasi sehabis anda. Contohnya menyerupai yang kita lihat kini ini. Banyakkan sisa-sisa situs peninggalan penjajah terutama yang terbuat dari kayu jati yang masih utuh hingga sekarang. Loh kok bisa? Apa yang mengakibatkan kayu tersebut sangat awet? Keawetan kayu jati terutama kayu jati renta disebabkan oleh kepadatan pori-pori dan serat pada kayu tersebut. Kayu jati renta mempunyai serat dan pori-pori sangat padat sehingga kayu tersebut menjadi keras dan tidak gampang diserang rayap meskipun diletakkan pada daerah yang bersentuhan eksklusif dengan tanah. Apa hanya itu? Secara kasat mata memang menyerupai itu, tetapi saya pernah sekilas membaca acuan yang menyebutkan bahwa kayu jati mempunyai semacam minyak yang secara ilmiah bisa mengakibatkan kayu ini awet. Tapi sayang sekali saya lupa acuan apa itu.

Tingkat keindahan: Kayu jati renta merupakan jenis kayu yang sangat indah bahkan ada yang menyebutnya mempunyai kualitas nomer 1. Hal tersebut tidaklah berlebihan, lantaran kayu jati memang mempunyai tekstur, arah serat dan warna sangat bagus. Anda bisa membuktikannya sendiri.

Apakah kayu jati termasuk jenis kayu pertukangan? Pada dasarnya, kayu jati merupakan jenis kayu pertukangan dan fleksibel. Kayu ini bisa dengan gampang dikerjakan menyerupai dipotong, diserut dan diamplas sehingga banyak digunakan untuk banyak sekali keperluan menyerupai untuk kayu bangunan, mebel, veener dan flooring, bahkan kayu jati yang lurus dengan panjang lebih dari 8 meter bisa digunakan untuk menciptakan perahu. Dan produk-produk yang memakai kayu jati sebagai materi baku dalam proses pembuatannya niscaya mempunyai kualitas bagus.

0 Response to "Kualitas Kayu Jati Sebagai Kayu Pertukangan"

Posting Komentar