Tentang Kayu Jati Mas, Jati Rakyat Dan Jati Perhutani

ads
Mungkin sudah banyak orang tahu akan kayu jati, alasannya yaitu popularitas kayu ini memang sangat mengagumkan, baik dari sisi kualitas kayu maupun tekstur serat kayunya. Tetapi, tahukah anda jikalau kayu jati yang kita kenal selama ini mempunyai beberapa jenis yang berbeda.

Setidaknya ada tiga jenis kayu jati yang umum dipakai oleh masyarakat. Ketiga jenis kayu jati tersebut yaitu kayu jati mas, kayu jati rakyat dan kayu jati perhutani. Dari ketiga jenis kayu jati tersebut, masing-masing mempunyai huruf sendiri-sendiri. Dan untuk lebih mengenal wacana ketiga jenis kayu jati tersebut, di bawah ini ada sedikit ulasan terkait hal itu.

Kayu jati mas : kayu jati mas yaitu jenis kayu jati yang pohonnya mempunyai masa pertumbuhan lebih cepat dari pada masa pertumbuhan pohon jati pada umumnya. Hanya dalam kurun waktu 7 sampai 15 tahun, pohon ini sudah tumbuh besar dan siap untuk ditebang. Hal ini merupakan kelebihan dari pohon jati mas. Sedangkan kelebihan lainnya yaitu pohon jati mas kebanyakan berbatang lurus tanpa ada bengkokan atau kalaupun ada hanya sebagian kecil saja sehingga kayu yang dihasilkan juga lurus. Kondisi kayu yang menyerupai ini sangat disukai oleh para pekerja mebel saat mereka mengerjakan desain furniture yang berbidang lebar menyerupai meja dan lemari. Tetapi ada juga kekurangan kayu jati mas ini, yaitu terlalu banyak gubal kayunya - baca pengertian wacana gubal kayu – selain itu, pori-pori pada kayu jati mas tergolong lebih besar-besar atau dengan kata lain kurang padat.

Kayu jati rakyat : bila dibandingkan dengan pohon jati mas, pohon jati rakyat lebih cenderung banyak bengkokan pada batangnya sehingga kayu yang dihasilkan biasanya bengkok. Selain itu, pohon jati rakyat mempunyai masa pertumbuhan lebih usang daripada kayu jati mas yakni sekitar 15 sampai 25 tahun untuk siap ditebang dan dapat dipakai kayunya. Tetapi dengan lamanya masa tumbuh tersebut, mengakibatkan pori-pori pada kayu jati jenis ini lebih padat dibanding kayu jati mas. Dan gubal pada kayu jati rakyat biasanya lebih sedikit.

Kayu jati perhutani : kayu jati perhutani yaitu kayu jati yang dikelola oleh perhutani mulai dari pembibitan sampai penebangan dan penjualannya. Kayu jati perhutani atau sering disebut juga dengan kayu jati TPK dikenal mempunyai kualitas yang sangat anggun dibanding jenis kayu jati yang lain. Untuk kayu jati jenis ini, dapat dipastikan berumur tua, alasannya yaitu setiap tahunnya perhutani selalu menyeleksi pohon-pohon yang siap untuk ditebang dan tentunya dipilih yang tua-tua dulu.

Apakah kelemahan dan kelebihan dari ketiga jenis kayu jati tersebut?

Kelemahan kayu jati mas
     alasannya yaitu popularitas kayu ini memang sangat mengagumkan Tentang Kayu Jati Mas, Jati Rakyat dan Jati Perhutani
  1. banyak gubal 
  2. Kadar air tinggi
  3. kayunya keras, gampang pecah (karena kebanyakan kayu yang ditebang masih berumur muda)
  4. Warna kayunya pucat
  5. tingat keawetan : kurang infinit sampai sedang

Kelebihan kayu jati mas :
  1. harganya lebih murah dari kayu jati perhutani
  2. kebanyakan kayunya lurus
Kelemahan kayu jati rakyat

  1. banyak gubal
  2. kadar air tinggi
  3. ada yang kayunya keras dan ada juga yang tidak (tergantung tua-mudanya kayu)
  4. warna kayu pucat

Kelebihan kayu jati rakyat :
  1. harganya lebih murah dari kayu jati perhutani
  2. cukup awet
Kelemahan kayu jati perhutani
 alasannya yaitu popularitas kayu ini memang sangat mengagumkan Tentang Kayu Jati Mas, Jati Rakyat dan Jati Perhutani
  1. harganya mahal

Kelebihan kayu jati perhutani :
  1. pori-pori kayunya lebih padat
  2. tekturnya lebih berminyak
  3. warna kayunya lebih hidup
  4. yang terakhir yaitu sangat awet

Jadi, anggun mana antara ketiga jenis kayu jati tersebut?

jawabannya, tentu saja kayu jati perhutani merupakan jenis yang paling bagus. Meskipun harganya lebih mahal tapi sepadan dengan kualitas kayunya. Meskipun demikian, penggunaan kayu jati mas maupun kayu jati rakyat tetap banyak, hal ini bertujuan untuk meminimalisir biaya produksi.

0 Response to "Tentang Kayu Jati Mas, Jati Rakyat Dan Jati Perhutani"

Posting Komentar