Pengertian Kayu Gubal, Kayu Teras Dan Bundar Tahun

ads
Tahukah anda apa yang dimaksud kayu gubal ? Dan apa yang dimaksud kayu teras ? Serta apa yang dimaksud lingkaran tahun ? Istilah-istilah tersebut sangat sering kita dengar ketika kita membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan kayu, khususnya kayu yang masih berupa gelondong atau log. Secara singkat, pengertian ihwal kayu gubal, kayu teras dan bulat tahun yaitu sebagai berikut:
  • Kayu gubal yaitu serpihan tepi atau pinggir dari kayu.
  • Kayu teras yaitu serpihan tengah atau inti kayu
  • Lingkaran tahun yaitu menandakan yang menandakan umur dari sebuah pohon atau sebut saja kayu lantaran bulat tahun intinya memang hanya sanggup dilihat ketika pohon sudah ditebang atau berbentuk kayu.

Mungkin bagi sebagian orang yang masih gres dibidang ini, istilah kayu gubal, kayu teras, dan bulat tahun niscaya terdengar cukup asing. Nah untuk itu, berikut ini yaitu klarifikasi mengenai isitlah-istilah tersebut yang sanggup membantu anda untuk lebih memahaminya.
istilah tersebut sangat sering kita dengar ketika kita membicarakan hal Pengertian Kayu Gubal, Kayu Teras dan Lingkaran Tahun
Lihat gambar semoga lebih memahami maksud dari goresan pena ini

Dimulai dari lingkaran tahun : Terbentuknya bulat tahun pada sebuah batang pohon dimulai pada ketika pohon pertama kali tumbuh sampai ditebang atau mati. Lingkaran tahun ini terbentuk hanya satu kali untuk setiap tahunnya dan jumlahnya akan terus bertambah pada tahun-tahun berikutnya selama pohon itu tumbuh. Semakin renta usia sebuah pohon maka semakin banyak jumlah bulat tahunnya, contoh: pada sebuah kayu gelondong, jikalau jumlah bulat tahun yang anda hitung berjumlah 15 berarti kayu tersebut berasal dari sebuah pohon yang telah hidup selama 15 tahun. Itu sebabnya umur sebuah pohon sanggup diketahui melalui jumlah bulat tahun yang ada pada batangnya. Bagaimanakah bentuk bulat tahun itu? Sesuai namanya, bulat tahun berbentuk sebuah bulat tetapi bukan berarti berbentuk bulat yang 100% sempurna, biasanya, bentuk lingkarannya mengikuti bentuk lingkar pada fisik batang pohon itu sendiri

Yang kedua, kayu gubal atau gubal kayu: yang dimaksud kayu gubal bukanlah nama untuk jenis kayu atau spesies pohon, tetapi yang dinamakan kayu gubal yaitu serpihan pinggir atau tepi pada sebuah kayu termasuk semua jenis kayu baik itu kayu jati, mahoni, sonokeling, kayu eboni, mindi dll. Umumnya, gubal kayu berwarna terang atau putih, lebih terang dari pada kayu teras.

Ketiga, kayu teras : yang dinamakan kayu teras yaitu serpihan tengah atau inti dari sebuah kayu. Umumnya serpihan ini berwarna lebih gelap dibanding kayu gubal. Makara pada sebuah kayu, antara kayu gubal dan kayu teras terlihat secara terang menyerupai ada batas yang memisahkannya. Tetapi ada jenis-jenis kayu tertentu serti referensi kayu sengon, yang antara kayu teras dan kayu gubalnya mempunyai warna yang hampir sama sehingga batas antara keduanya terlihat samar atau terlihat kurang jelas.

Lebih berpengaruh mana atau lebih infinit mana antara kayu gubal dan kayu teras?

Jawabannya yaitu kayu teras. Mengapa? lantaran kayu teras mempunyai serat dan pori-pori lebih padat dibanding kayu gubal sehingga kayu teras lebih keras(keras dalam artian lebih berbobot bukan keras gampang pecah). Hal ini menciptakan kayu teras menjadi berpengaruh dan tidak gampang keropos. Sedangkan yang mengakibatkan kayu teras lebih infinit dari pada kayu gubal yaitu adanya unsur-unsur kimia yang terkandung pada kayu teras menyerupai zat toxic. Zat kimia tersebut menimbulkan kayu teras tahan terhadap penyakit atau hama perusak kayu. Jadi, lebih disarankan menggunakan kayu teras untuk menciptakan aneka macam perabotan dari kayu.

0 Response to "Pengertian Kayu Gubal, Kayu Teras Dan Bundar Tahun"

Posting Komentar