Cara Mengatasi Warna Mebel Furniture Yang Lecet

ads
Politur yaitu salah satu jenis finishing yang sering digunakan dalam pewarnaan tamat perabot mebel furniture. Politur atau Melamine yaitu jenis pewarnaan yang banyak digunakan oleh para pengrajin mebel furniture jepara. Jika dulu sebelum banyak yang menggunakan finishing melamine, masyarakat menggunakan politur. Tapi sekarang seiring perkembangan zaman, finishing melamine lebih banyak digunakan. Mengapa? Karena finishing melamine lebih cepat prosesnya dibanding politur. Kalau politur harus menunggu usang untuk pengeringan sesudah diwarna, tapi sekarang melamine lebih cepat kering dengan kompresor dan spet model air brush sebagai alat kerja yang utama.

Politur yaitu salah satu jenis finishing yang sering digunakan dalam pewarnaan tamat perabo Cara Mengatasi Warna Mebel Furniture yang Lecet
ilustrasi cara meyervice lapisan kayu

Dalam perabot mebel furniture, lecet lantaran tergores yaitu hal yang biasa. Lecet sering terjadi dan sanggup disebabkan oleh banyak sekali macam masalah. Namun yang paling sering dikarenakan oleh 2 faktor utama, yaitu:

1. Lecet atau cacat pukul pada permukaan perabot mebel
Lecet Sering Kita alami dalam pemakaian perabot furniture sehari-hari. Barang-barang menyerupai meja, kursi, almari sering lecet dalam penggunannya. Bahkan yang gres Kita beli dari toko mebel yang semula mengkilap, tanpa sengaja sanggup Kita sebabkan menjadi lecet dan rusak. Lecet yang sering terjadi disebabkan oleh aktivitas bawah umur Kita yang sedang bermain di akrab perabot. Bisa kejatuhan benda keras, atau sanggup juga berbenturan dengan perabot mebel lainnya lantaran tergeser atau dorongan. Bahkan pada ketika proses mengangkut dan memindahkan perabot mebel furniture tersebut sehingga permukaanya terbentur perabot lain, hal ini sanggup terjadi sewaktu menaikan dan menurunkan barang sehingga kesudahannya permukaan politur menjadi lecet atau rusak.

Cara Mengatasi:
a) Jika cacat pukul atau lecet itu tidak merobek serat kayu, maka cara mengatasinya cukup mudah, yakni dengan cara menyiram air panas pada cekungan yang lecet tadi. Setelah disiram beberapa menit permukaan tersebut akan rata kembali. Setelah itu kita sanggup perbaiki lapisan politur dengan mewarnai ulang tipis-tipis semoga sama dengan warna semula.

b) Jika cacat perabot mebel sehingga menjadikan luka pada kayu dan memotong serat kayu, maka yang harus Kita lakukan ialah dengan jalan mendempul luka kayu tadi. Adonan dempul sanggup di buat dari serbuk kayu dicampur dengan lem kayu yang sesuai dengan warna kayu. Tapi kalau Kita tidak ingin repot, sanggup eksklusif membeli Oker (bahan dempul) dari toko furniture di akrab rumah Kita. Untuk cara penggunaannya sanggup meminta klarifikasi dari penjual atau mengikuti cara pakai yang tertera pada bungkus produk Oker.

Cara Pewarnaan Ulang Dengan Sistem Dempul:
Terlebih dahulu usahakan rata dalam proses pendempulan. Apabila warna dempul belum sama dengan warna kayu, sanggup di gunakan warna berpelarut politur, usap dan ratakan dengan kuas cina atau kuas pensil lapis demi lapis hingga merata tepat kemudian oleskan larutan politur tipis-tipis hingga mengkilap rata. Dalam istilah finishing perabot mebel, pekerjaan ini disebut touch up.

2. Permukaan perabot furniture rusak lantaran cahaya matahari
Perabot mebel yang rusak lantaran terkena sinar matahari eksklusif biasanya menciptakan warna memudar. Warna yang terkena sinar matahari secara terus menerus akan kusam dan menjadi tidak yummy dipandang. Barng-barang mebel furniture yang sering terkena sinar matahari diantaranya adalah, meja bangku tamu, bangku teras, dan jendela rumah.

Cara Mengatasi:
Untuk mengukur seberapa parahnya kerusakan jawaban sinar matahari sanggup dilakukan dengan cara menggoreskan ujung punggung ibu jari. Apabila ujung gesekan ringkih dan putih mengapur, maka lapisan itu telah rentan dan tidak sanggup dijadikan untuk landasan warna baru. Sebaiknya permukaan di kerok dengan beling untuk menghilang warna kemudian dicat ulang kembali. Sedangkan kalau bekas gesekan kuku hanya sedikit kusam dan sedikit putih, berarti lapisan warna itu masih baik dan sanggup di pakai lagi sebagai dasar pewarnaan baru.

Cara Pewarnaan Ulang:
Dalam mereka proses penghilangan warna yang merata, sering kali kita mengalami kesulitan ketika membuang lapisan warna. Banyak orang menggunakan pecahan beling untuk mengerok lapisan tersebut, ada pula yang melunakan permukaan dengan spiritus dan mengeroknya dengan kuat. Sebagian ada juga yang eksklusif mengamplasnya dengan kertas amplas yang kasar, sehingga kelihatan kayunya lagi. Selain cara-cara tersebut, Kita juga sanggup menggunakan bahan-bahan kimia untuk melunakan lapisan politur hingga gampang di lepaskan dari permukaan kayu. Dalam dunia finishing mebel jepara, sering di gunakan NaOH atau larutan soda api. Namun cara ini harus dilakukan oleh orang yang sudah profesional dibidangnya. Setelah proses penghilangan warna selesai. Kita sanggup melanjutkan dengan cara mewarnai secara total dan menyeluruh. Kita sanggup menggunakan politur atau melamine untuk pewarnaannya.

0 Response to "Cara Mengatasi Warna Mebel Furniture Yang Lecet"

Posting Komentar