Cara Menghitung Kubikasi Kayu Atau Volume Kayu

ads
Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia perkayuan, niscaya sangat penting bagi anda untuk mengetahui cara menghitung kubikasi kayu. Kubikasi kayu sendiri ialah nilai besaran volume yang ada pada kayu, dan nilai satuannya memakai meter kubik (M3). Dengan mengetahui nilai kubikasi dari sebuah kayu, maka kita juga sanggup menafsir atau mengetahui harga kayu tersebut menurut nilai kubikasinya.

Cara yang dipakai untuk menghitung kubikasi pada kayu log atau gelondong
berbeda dengan cara untuk menghitung kubikasi kayu gergajian atau kayu yang sudah berbentuk papan. Hal ini dikarenakan secara fisik bentuk antara keduanya berbeda. Kaprikornus masing-masing memiliki rumus sendiri-sendiri untuk menghitung nilai kubikasinya. 

Untuk cara menghitung kubikasi kayu log atau gelondong

rumus yang biasa dipakai ialah (P x D x D x 0,7854) : 10.000 = nilai kubikasi   

Keterangan : 

Bagi anda yang berkecimpung dalam dunia perkayuan Cara Menghitung Kubikasi Kayu Atau Volume KayuP ialah panjang kayu yang dinyatakan dalam satuan meter
D ialah diameter kayu yang dinyatakan dalam satuan cm

Contoh kasus : Jika seseorang akan membeli sebuah kayu yang masih berupa gelondong dengan ukuran diameter 25 cm dan panjangnya 2 meter maka, bila memakai rumus di atas, nilai kubikasi yang terdapat pada kayu ialah (2 x 25 x 25 x 0,7854) : 10.000 = 0,098175 M3.

Jadi, besarnya nilai kubikasi pada satu gelondong kayu yang akan dibeli oleh orang tersebut sebesar 0,098175 atau hampir sepersepuluh kubik. 

Nb: Nilai kubikasi kayu yang diperoleh dengan memakai rumus ini hampir sama (sedikit lebih rendah) dengan nilai kubikasi kayu yang ada pada tabel kubikasi kayu log perhutani. Atau bila anda tidak ingin capek-capek menghitung dengan memakai rumus, anda sanggup melihat pribadi pada tabel milik perhutani di tabel kubikasi perhutani.

Sedangkan untuk rumus atau cara menghitung kubikasi kayu gergajian atau papan 

rumus yang dipakai adalah (T x L x P) : 10.000 = nilai kubikasi

Keterangan :  
T ialah tebal papan kayu yang dinyatakan dalam satuan cm
L ialah lebar papan kayu yang dihitung dalam satuan cm
P ialah panjang papan kayu yang dihitung dalam satuan meter

Contoh kasus : pada satu papan kayu dengan ukuran tebal 4 cm, lebar 25 cm dan panjang 2 meter, maka besarnya kubikasi pada papan kayu tersebut jika memakai rumus di atas ialah (4 x 25 x 2) : 10.000 = 0,02 M3 atau butuh 50 lembar papan untuk mencapai satu kubik.

Cara-cara menghitung kubikasi kayu di atas tidak hanya untuk jenis-jenis kayu tertentu melainkan sanggup diterapkan pada semua jenis kayu komersial lainnya, menyerupai kayu jati, kayu sengon, kayu mindi, kayu mahoni dll.

0 Response to "Cara Menghitung Kubikasi Kayu Atau Volume Kayu"

Posting Komentar