Kursus Mengukir Jepara - Belajar mengukir kayu bagi pemula

ads
Tempat berguru ukir atau kursus mengukir kayu, kini ini memang masih sangat jarang. Jika ditelusuri mungkin hanya ada di Jepara dan Bali. Jepara memang dikenal sebagai penghasil produk ukir Di jepara ada beberapa kawasan untuk berguru ukir kayu khas jepara. Ada yang dikelola secara langsung ataupun oleh yayasan. Sedangkan untuk kawasan berguru ukir yang disediakan pemerintah, hanya ada di sekolah menengah kejuruan negeri 2 jepara.
Tempat berguru ukir atau kursus mengukir kayu Kursus Mengukir Jepara
salah satu produk gesekan jepara

Kursus Ukir Resmi

Ditempat kursus ukir resmi atau dikelola oleh yayasan, biasanya biayanya tidak terlalu mahal. Di jepara sendiri, mata pelajaran kriya kayu sesungguhnya sudah diselipkan pada siswa sekolah menengah pertama (SMP). Dengan adanya mata pelajaran kriya kayu, siswa sekolah di kota Jepara diajari keterampilan mengukir, menyerupai mengukir asbak, mengukir figura, menciptakan patung dan lain lain.

Kursus Ukir Tidak Resmi

Jepara memang dikenal sebagai pusatnya seni ukir kayu. Di sini aneka macam seniman-seniman ukir yang setiap hari bekerja mengukir kayu. Pengukir dari jepara orisinil biasanya berguru secara otodidak. Mereka jarang sekali ada yang kursus secara resmi. Cara belajarnya ialah dengan ikut magang, atau nyanggong di kawasan pengusaha mebel ukir. Dari berguru di kawasan pengusaha mebel furniture itulah, mereka mempraktekan barang-barang pesanan si pengusaha. Bermula dari sedikit-sedikit dan gampang kemudian berlanjut hingga tingkat kesulitan yang lebih tinggi.

0 Response to "Kursus Mengukir Jepara - Belajar mengukir kayu bagi pemula"

Posting Komentar