Istilah Gila Dalam Tehnik Mengukir Kayu

ads
Berikut ialah beberapa istilah dalam menciptakan goresan kayu jati, mahoni, dan sebagainya.

Carving
Carving ialah seni chipping dan cara memotong pada bab datar dari pada kayu untuk menciptakan goresan supaya terlihat atau tampak menjadi tiga dimensi. Teknik menyerupai ini sering dilakukan dengan memakai alat kerja menyerupai palu, dan pahat ukir. Walaupun sering dipakai untuk memperjelas detail, dalam ukiran relief, pengrajin goresan dari kayu biasanya menciptakan gambar terlebih dahulu, gres lalu mulai mengukir kayu sehingga tampak bab yang timbul menyerupai relief 3 dimensi.

Berikut ialah beberapa istilah dalam menciptakan goresan kayu  Istilah Asing Dalam Tehnik Mengukir Kayu
ukiran jepara model relung
Chip Carving
Teknik goresan Chip Carving biasanya dipakai pada bilah kepingan kayu yang lebih besar dari pekerjaan mengukir, menyerupai akar atau bonggol (bongkot: jawa) pohon atau kayu. Tehnik ini biasanya memakai kapak (prekul: jawa) dan pahat yang cukup besar. Teknik ini untuk menciptakan goresan dengan bentuk yang besar, menyerupai patung, anatomi manusia, hewan, dan lai sebagaianya, ini melibatkan proses yang cukup panjang dan rumit.

Pembakaran kayu
Tehnik pembakaran kayu ialah teknik dimana pengrajin ukir menambah desain pemanis untuk finishing kayu. Tetapi beberapa pemahat goresan kayu benar-benar memakai metode pembakaran hanya untuk mengukir kayu model kecil saja. Ukiran kayu yang dibakar akan berwarna gelap atau menghitam di sekitar goresan pada bab selesai finishing, dan akan memperjelas kesan sehingga tampak lebih hidup.

Mengerik
Tehnik mengerik ialah salah satu cara tertua dari beberapa tehnik diatas. Cara ini juga yang paling sederhana dalam teknik mengukir kayu. Teknik ini hanya melibatkan tidak lebih dari sepotong kayu dan pahat goresan kayu. Berlatih tehnik ini ternyata cukup susah dan rumit, walaupun sepertinya sangat mudah. Bagi pemula, untuk menciptakan goresan kayu dari teknik ini, sanggup menghabiskan waktu minimal satu jam atau bahkan sanggup lebih, tergantung ukuran goresan kayu tersebut. Dalam banyak kasus yang terjadi, pengrajin goresan kayu yang sudah terampil dan ahli, sanggup memakai pahat dengan ukuran paling kecil untuk memperjelas detail dari goresan kayunya.

0 Response to "Istilah Gila Dalam Tehnik Mengukir Kayu"

Posting Komentar