Tips Mengatasi Triplek Perabot Rumah Yang Melengkung

ads
Triplek atau plywood ialah jenis materi pembuatan furniture. Selain furniture, triplek juga sanggup dimanfaatkan untuk banyak sekali kepentingan. Sekarang banyak sekali jenis dari produksi triplek, mulai dari model ketebalan hingga dari jenis materi atau kayu yang dipakai untuk menciptakan triplek.


Kelebihan dan kekurangan triplek

Kelebihan dari triplek ialah sangat mudah penggunaannya, dan daya tahannya elok terhadap penyusutan kayu. Serta ukurannya yang selalu sama dari panjang dan lebar, sedangkan materi selain triplek harus menyamakan ukuran dulu dikala memulai penggunaan (contoh: kayu harus di ukur dan digergaji dulu di sentra pemotongan sebelum diolah).

Kelemahan dari triplek yaitu gampang melengkung atau bergelombang. Apalagi bila tebalnya hanya 3 mm akan gampang melengkung dan gampang pecah. Jika Anda ingin menggunakan materi triplek untuk furnitur Anda harus menentukan kualitasnya. Tingkat kualitas sanggup dilihat dari segi berat dan warna kayu lapisdari triplek. Triplek yang elok bila dipotong dengan gergaji atau pisau cutter warnanya agak merah gelap atau kecoklatan. Sementara triplek yang berkualitas jelek biasanya ringan dan gampang melengkung bila kering dan gampang sekali dipotong dengan pisau cutter.

Cara mengatasi kelemahan dari triplek
Jjika Anda ingin triplek berkualitas elok untuk materi perabotan, Anda harus mengatasinya dengan cara:

1. Meratakan dan Meluruskan Triplek
Adapun cara untuk meratakan triplek sebelum kita meluruskannya, yaitu:
Dempul bab yang mempunyai rongga atau lubang menggunakan adonan kalsium dan lem kayu untuk dempul. Jika Anda ingin cara cepat sanggup menggunakan cat tembok yang kental dan dioleskan dengan agak tebal pada bab yang tidak rata. Cara tersebut sanggup menggunakan kuas dengan cara dioleskan secara sedikit-sedikit pada bab yang penyok.

2. Cara luruskan triplek yang melengkung dengan air.
Untuk meluruskan lengkungan triplek, Anda sanggup memberi air pada triplek kemudian diangin-anginkan sebentar dan ditaruh secara vertikal (baca: berdiri) pada dinding, biar air yang terserap pada triplek tidak terlalu banyak. Kemudian letakkan pada lantai yang kering dan rata pada daerah yang teduh dan biarkan triplek mengering. Jika sudah dilakukan, lengkungan triplek akan menjadi lurus kembali.

3. Bagaimana luruskan triplek yang melengkung dengan cat.
Dalam meluruskan triplek yang melengkung, sanggup juga menggunakan cat tembok oplosan. Caranya yaitu dengan mengecat triplek yang melengkung dengan cat dasar atau cat oplosan untuk menutupi pori-pori triplek. Cara ini paling cocok triplek yang dibentuk untuk ukiran kaligrafi.

0 Response to "Tips Mengatasi Triplek Perabot Rumah Yang Melengkung"

Posting Komentar