Ciri-ciri Kayu Cendana Dan Manfaat Untuk Manusia

ads
Ciri-ciri Kayu Cendana, Kayu cendana mempunyai nama ilmiah Santalum album. Secara binal kayu cendana tumbuh sebagai inang, tetapi secara budidaya ia tumbuh dari stek batang.

Tanaman ini tumbuh optimal di dataran rendah sampai 1500 meter di atas permukaan laut. Ia bisa tumbuh di laha subur, tetapi dapat pula bertahan di wilayah berbatu. Bagi tumbuh maksimal, Kayu cendana memerlukan penyinaran sepanjang hari.

Kayu cendana bisa ditumbuhkan di tanah dan pot. Apabila hendak ditanam di pot, maka diameter pot guna cendana mesti lebih banyak dari 60 cm.

Tanaman ini memerlukan media tanam humus dan kompos. Bagi penyiraman lumayan dilakukan sekali sehari. Bagi pemupukan dilaksanakan sekali sehari dengan pupuk NPK daun.

Ketinggian maksimal cendana dapat menjangkau 11 sampai 15 meter, dengan diameter batang utama menjangkau 25-30 cm.

Batang Kayu cendana berbentuk bulat, dengan kulit batang berwarna cokelat abu-abu guna cendana putih, dan cokelat merah guna cendana merah. Cabang Kayu cendana bakal mulai tumbuh di bagian separuh Kayu.

Cabang utama Kayu cendana tumbuh paling tidak beraturan. Bentuknya sering kali tidak lurus, dengan ranting tumbuh banyak. Sementara, unsur bawahnya tumbuh menggantung.

Ciri-ciri daun Kayu cendana ialah posisinya yang saling berhadap-hadapan dengan format elips sampai oval. Kedua ujung daun berbentuk lancip.

Kayu cendana bisa tumbuh sampai mencapai 9 meter, dengan umur yang bisa bertahan sampai ratusan tahun.

Gambar Kayu Cendana Manfaat Bagi Manusia
Gambar Kayu Cendana Manfaat Bagi Manusia

Ciri-ciri Kayu Cendana Dan Manfaat Untuk Manusia


Dengan tekstur kayu yang powerful dan kokoh, kayu cendana adalahsalah satu jenis kayu yang menjadi pilihan pilihan dari kayu jati sebagai penciptaan furniture.

Bentuk Kayu yang kokoh dan besar, serta kualitas kayu yang paling baik, tidaklah salah bilamana kayu cendana adalahsalah satu kayu yang sangat dianggarkan dalam penciptaan furniture.

Kayu cendana pun ternyata bisa dimanfaatkan sebagai bahan dasar penciptaan parfum dan jenis aroma yang sering dipakai dalam kehidupan keseharian seperti guna lengkuas.

Sebagai di antara komoditi yang bisa menunjang keperluan ekspor, Kayu cendana memiliki sekian banyak  macam manfaat untuk manusia, dari sisi ekonomis dan pun segi kesehatan.

Tak bisa dipungkiri, dengan kualitas kayu yang tinggi dan pun proses budidaya yang lumayan sulit, harga kayu cendana dipatoj dengan harga yang paling tinggi.

Biasanya unsur yang dipakai sebagai obat herbal ialah bagian kulit kayu serta minyak dari Kayu cendana.

Harga peralatan, kerajinan, atau meubel yang diciptakan menggunakan kayu cendana tentunya akan jauh lebih tinggi, sebab akan diciptakan dengan teliti dan baik.

Kayu cendana merah adalahjenis cendana yang mutunya tidak sebaik kayu cendana putih, tetapi kurang digemari di pasaran.

Walaupun menjadi tanaman parasit, tetapi Kayu cendana adalahKayu yang bisa tumbuh dengan ketinggian sampai 11 – 15 meter, dan tergolong Kayu yang besar, dengan diameter mencatap 25 – 30 cm.

Ternyata unsur dari Kayu cendana yang dapat menolong mengendalikan stress dan kecemasan ialah minyak cendananya.

Salah satu guna kayu cendana untuk tubuh kita ialah dapat menjadi obat herbal.
Banyak sekali furniture yang tercipta dari bahan dasar kayu cendana.

Minyak cendana mempunyai efek alami sebagai anti depressant yang bisa mengurangi, bahkan menghilangkan jenis kecemasan, stess dan depresi.

Akar dari Kayu cendana yang tidak cukup kuat dan tidak sanggup guna mencukupi keperluan kehidupannya.

0 Response to "Ciri-ciri Kayu Cendana Dan Manfaat Untuk Manusia "

Posting Komentar