Ciri-ciri Khusus Pohon Jati dan Manfaatnya

ads
Ciri khusus jati - Tanaman pohon jati terdiri dari bagian-bagian dan ciri khusus pada batang Jati, daun jati bunga pohon  Jati, buah Jati , dan ulat Jati serta keunggulannya. bagian-bagian dari pohon jati seperti daun pohon jati juga memiliki manfaat tersendiri.
Ciri-ciri Pohon Jati dan Manfaat Jati
Ciri-ciri Pohon Jati dan Manfaatnya

Batang pohon jati

Batang pohon jati
Batang pohon jati

Batang kayu jati dikenal dengan nama tectona Grandis. Ciri Khusus Kayu ini umumnya tumbuh pada ketinggian 1 sampai 1800 m dari permukaan laut. Tanpa harus memilih tanah yang subur Jati mampu hidup dan berkembang pada tanah yang gersang. Jika tumbuhan norma jati dapat mencapai ketinggian 40 meter, maka batang jadi menjelang ke atas tanah dengan banyak cabang dan batang Jati besarnya kira-kira berdiameter 150 cm sampai 200 cm. Yang berkulit coklat agak kehitaman.

Daun Pohon Jati

Ciri-ciri Khusus Daun pohon jati , daun Pohon jati itu lebar, jika masih muda warnanya coklat kemerah-merahan, dan pada bagian bawah daun berbulu beludru dapat berbentuk Bintang, elips atau bidang datar berbentuk bundar lonjong. Bagian pada pangkal daun menjepit cabang berbunga atau berurat. Daun jati bertangkai pendek dan kadang-kadang duduk pada batang saat Jati masih muda.

Daun pohon jati
Daun pohon jati

Daun jati banyak dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai pembungkus makanan. Mulai dari untuk membungkus tempe, Nasi dan jajanan pasar. Bahkan banyak orang juga yang senang makan dengan alas daun jati karena nasi terasa lebih gurih dan juga dipercaya memakai wadah daun jati mengandung obat.

Daun jati yang masih muda biasanya digunakan untuk pewarna makanan dan sebagai campuran obat
Sedangkan daun jati yang telah jatuh mengering akan menjadi humus yang mampu menggemburkan tanah dan mengandung nutrisi tinggi bagi pohon jati dan beberapa tumbuhan lainnya yang ada di sekelilingnya.

Di saat pertengahan musim kemarau daun jati biasanya berguguran, masyarakat Jawa menyebutnya sebagai jatingarang. Selama itu pohon jati tidak berdaun hingga berbulan-bulan lamanya. Dan di saat musim hujan tiba dalam waktu 1 sampai 2 minggu daun sudah tumbuh subur kembali.

Bunga pohon jati

Bunga pohon jati, Salah satu ciri khusus Pohon jati adalah pohon jati berbunga pada saat permulaan musim hujan. Seandainya ada pohon jati yang berkembang setelah musim hujan jumlahnya tidak banyak.

Adapun bentuk karangan bunga pohon Jati tersusun seri anak payung menggarpu keujung.
Bunga pohon jati
Bunga pohon jati

Serbutnya merambat berupa tepung. Sedangkan kelopak bunga pohon jati ada yang berjumlah 5, namun kebanyakan Jumlahnya ada 6 sampai 7 kelopak berbentuk lonceng, memiliki benang sari sebanyak 7 mahkota dan menjulang jauh ke atas sebelum buah dari serbuk bunga pohon jati  berguguran di tanah.

Buah Jati

Ciri khusus dari Buah pohon jati tidak sebanding dengan batang. Meskipun batangnya pohon jati besar dan kekar namun buahnya tetap kecil. Bunga pohon  jati pada waktu menjadi buah membesar dan menggantung kan mahkota. Bentuk mahkota dari pohon jati Seperti jandra corong dengan bentuk tabung pendek agak putih. Dan terkadang across lebar tidak berambut. Bakal dari buah Jati beruang sempat bakal biji 2-4, tangkai buah dari Jati warnanya putih dengan ujung berbela dua yang pendek, buahnya berambut kasar.

Jati setelah tua berwarna coklat mengkilap keras dan padat. Buah yang baik untuk dijadikan benih atau bibit Jati minimal ukurannya 12 MM. Buah nya tidak cacat dan tdk berlubah karena bekas kena gangguan hama.

Kualitas kayu jati

Ciri-ciri Khusus Jati dari Segi Kualitas, Kualitas kayu jati sangat bagus, meskipun tingkat kekerasannya tidak sekeras kayu besi, Seperti Ulin dan sonokeling serta kayu meranti. Namun kayu jati memiliki keistimewaan yang tidak dimiliki kayu-kayu tersebut. Dan berbagai keistimewaan yang dimiliki kayu jati tidak dimiliki juga oleh jenis kayu keras seperti kayu kayu di atas.

Kayu jati memiliki kekerasan tersendiri dan menghasilkan kayu pertukangan yang istimewa,Selain daripada itu Tingkat keuletan kepadatan serta kestabilan kayu jati sangat tinggi. Kayu jati bertekstur halus seratnya lurus dan berbau kuat sedap agar harum. Tampilannya juga coklat bening mengkilat tidak salah kalau dari dulu sampai sekarang kayu jati terkenal dengan sebutan kayu bangsawan.

Kayu-kayu keras seperti Ulin, sonokeling Dander besi ternyata tidak tahan oleh panas, kayu ini bila terkena panas akan retak Selain itu kayu-kayu ini juga sulit dibentuk dan diolah seperti Kayu jati. Alat pertukangan kurang mampu menembus kekerasan kayu-kayu tersebut Bahkan aku pun jarang yang mampu untuk menaklukakannya.

Kayu jati tidak akan retak oleh terpaan panas dan hujan. Kayu jati sangat bahan untuk udara panas dan udara dingin dan Keunggulan kayu jati juga muda untuk dibentuk berbagai macam barang mulai dari bahan bangunan sampai barang seni kerajinan. Ipul keras kayu jati mudah diolah dengan alat pertukangan. Bahkan di tempat lembab pun tahan terhadap serangan rayap, bubuk kayu dan berbagai serangga lainnya. Kayu jati mampu bertahan sampai ratusan tahun baik dari bentuk dan warnanya. Bau harumnya pun tidak pernah berubah. bahkan semakin lama warnanya akan semakin menarik karena Kila tanyakan semakin bertambah.

Baca Juga :
Ciri dan Keunggulan Kayu Jati Super Gama
Perbadaan Kayu Jati Lokal Vs Kayu Jati Unggul

Ciri-ciri Ulat tanaman pohon jati

Ulat Jati merupakan jenis ulat yang hidup di pohon jati. Ulat Jati muncul setahun sekali Saat memasuki musim penghujan, terutama saat awal musim penghujan sudah kemarau panjang. Pada saat kemarau panjang daun jati meranggas dan berguguran, hingga tidak satupun yang tertinggal. Sedangkan ketika musim penghujan dan saat daun jati muda bertumbuhan biasanya akan datang musim ulat Jati secara serampak.

Ulat Jati hanya berumur pendek. Kira-kira berumur kurang dari 2 minggu. Namun dari kedatangannya mampu menghabiskan daun jati pada seluruh kawasan hutan. Setelah tua ulat Jati turun ke tanah menggunakan benangnya untuk berkepompong di balik daun daun jati yang kering. Meskipun sempat merusak tanaman Jati, akan Tetapi kehadiran ulat Jati tidak menimbulkan kerugian yang berarti. Namun jika hujan turun normal dengan pesat pohon jati akan berdaun kembali. Akan tetapi jika saat ulat ini menyerang dan tanah masih kering. Mengakibatkan tanaman pohon jati bisa mati itulah ciri khusus tumbuhan jati yang dapat kami sajikan

Tags ciri khusus tumbuhan jati : manfaat pohon jati,ciri ciri pohon jati,klasifikasi pohon jati,asal pohon jati,harga pohon jati,daun pohon jati,daerah penghasil kayu jati,habitat pohon jati.

0 Response to "Ciri-ciri Khusus Pohon Jati dan Manfaatnya"

Posting Komentar