Budidaya Jati Menjanjikan Keuntungan Besar

ads
Budidaya kayu jati cukup menjanjikan. Sampai saat ini kebutuhan akan kayu jati dalam negeri maupun luar negeri masih belum bisa terpenuhi secara maksimal. Meskipun harga kayu jati termasuk kayu termahal di dunia, tetapi karena kualitas kayu jati yang nomor satu menjadikan kayu jati permintaan pasar baik di dalam negeri maupun di luar negeri terus mengalami peningkatan yang sangat fantastis.
Budidaya Jati
Budidaya Jati
Sangat sepadan dan rasional rasanya, jika harga termahal  itu untuk kayu jati. Karena kayu jati tidak hanya menghasilkan kayu pertukangan yang luar biasa. Namun juga memiliki berbagai kelebihan lain, mulai dari ketahanannya dari panas dan hujan, kepadatan kayunya, teksturnya yang halus, seratnya yang lurus, tidak Getas, warna coklat mengkilap, dan mudah dibentuk menjadi bahan yang mempesona.

Budidaya kayu jati merupakan peluang emas untuk bangsa Indonesia yang berada di negara agraris untuk meningkatkan Sumber devisa negara. Sebab pohon jati hanya mampu berkembang di daerah agraris yang Pergantian antara musim hujan dan musim panas sangat jelas. Dengan demikian persaingan untuk memenuhi permintaan pasar dalam dan luar negeri sangat sedikit. Maka penempatan investasi budidaya kayu jati sangat menjanjikan keuntungan yang cukup besar.
Namun sayang disayang kan, kesempatan emas ini belum sepenuhnya mendapat Respon yang baik dari kalangan masyarakat bawah. Justru budidaya jati baru dikembangkan oleh masyarakat bermoral dan perumperhutani saja. Tidak sedikit masyarakat memiliki tanah yang kurang produktif dibiarkan terbengkalai, hanya ditumbuhi semak belukar. Hal ini dapat kita lihat di berbagai daerah yang masih banyak tanah miring di pegunungan, di tepi dan bantaran sungai belum dimanfaatkan sepenuhnya. Padahal tanah-tanah tersebut sangat potensial untuk budidaya jati.

Memang di sebagian daerah di Indonesia, tanah tersebut mulai dimanfaatkan untuk budidaya jati, bahkan tidak sedikit tanah yang produktif pun ditanami Jati. Sayang kalau dilihat dari pertumbuhan jati yang mereka tanam rata-rata pemiliknya kurang mengetahui teknik penanaman dan perawatan jati yang cukup maksimal. Sehingga jati yang mereka tanam pertumbuhannya sangat sangatlah memprihatinkan. Dalam blog kami yang sederhana ini, kami berusaha memaparkan atau membagi pengalaman budidaya jati yang kami tahu dari berbagai sumber yang ada, dengan teknik penanaman dan perawatan jati yang baik dan Tanaman jati dapat tumbuh subur dan cepat.

0 Response to "Budidaya Jati Menjanjikan Keuntungan Besar"

Posting Komentar