Cara Budidaya Pohon Mahoni dari Biji yang Baik dan Benar

ads
Cara Budidaya Pohon Mahoni – Pohon Mahoni merupakan keliru satu style yang dimanfaatkan ialah batang dan ranting dari pohon mahoni sebagai bahan bangunan atau bahan furnitur, kayu mahoni memiliki mutu yang baik dikarenakan pohon mahoni relatif lurus dan ketinggian sanggup capai 25 meter, diameter pohon mahoni sanggup capai 1 mtr. lebih. Sejak 20 tahun paling akhir ini, tanaman mahoni jadi dibudidayakan dikarenakan kayu mahoni termasuk kayu yang membawa nilai ekonomis yang lumayan tinggi.

Cara Menanam Pohon Mahoni dari Biji

Kualitas kayu mahoni tergolong keras dan amat baik untuk meubel, furnitur, barang-barang ukiran dan kerajinan tangan. Sering termasuk dibikin penggaris dikarenakan sifatnya yang tidak mudah berubah. Kualitas kayu mahoni berada sedikit di bawah kayu jati supaya kerap dijuluki sebagai primadona ke-2 di dalam pasar kayu. Pemanfaatan lain dari tanaman mahoni adalah kulitnya dipergunakan untuk mewarnai pakaian. Kain yang direbus bersama dengan kulit mahoni bakal jadi kuning dan tidak mudah luntur. Sedangkan getah mahoni yang disebut termasuk blendok sanggup dipergunakan sebagai bahan baku lem, dan daun mahoni untuk pakan ternak.

Untuk membudidayakan Pohon Mahoni sanggup ditunaikan bersama dengan cara yang sama seperti cara Budidaya pohon jati, yakni bersama dengan memanfaatkan bijinya sebagai bibit. Berikut sebagian cara cara Budidaya pohon mahoni.

Cara Menyiapkan Bibit Mahoni

Pembibitan mahoni ditunaikan bersama dengan laksanakan penyemaian biji mahoni di di dalam polybag, penyemaian ditunaikan bersama dengan mengambil alih biji mahoni yang telah tua dan jatuh. Biasanya biji mahoni bakal banyak berserakan di bawah pohon mahoni, tapi sanggup termasuk terbang terbawa angin.

Mahoni baru berbunga sehabis berumur 7 tahun, Biji pipih, warnanya hitam atau cokelat. Siapkan polybag bersama dengan ukuran sedang, isikan bersama dengan campuran tanah dan pupuk kandang. Biarkan selama 3 hari sebelum akan ditanami biji mahoni.
biji pohon mahoni
Cara menanam pohon mahoni dari biji via wikipedia

Ambil biji mahoni yang telah disiapkan, dan masukkan biji mahoni ke di dalam polybag, di dalam satu polybag lumayan 1 biji mahoni saja yang ditanam. Lakukan perawatan bersama dengan laksanakan penyiraman untuk memelihara kondisi media semai selamanya lembab.

Semailah sebanyak kebutuhan bibit yang kamu inginkan. Setelah biji mahoni tumbuh, laksanakan perawatan supaya bibit sanggup tumbuh membesar.

Cara Menyiapkan Lahan Tanam Pohon Mahoni

Penanaman pohon mahoni ditunaikan pada daerah yang terbuka, supaya beroleh sinar matahari yang lumayan tiap-tiap harinya. Jarak tanam pohon mahoni yang ideal adalah 7 mtr. antar lubang tanam, tapi sebagian petani termasuk Budidaya pohon mahoni pada jarak 5 meter.

Buatlah lubang tanam bersama dengan ukuran 40cm x 40cm bersama dengan kedalaman 50cm, isikan lubang bersama dengan pupuk kandang hingga 2/3 bagian lubang terisi. Biarkan lubang selama 3-4 minggu sebelum akan ditanami.

Cara Budidaya Bibit Pohon Mahoni

Setelah bibit mahoni capai tinggi 50cm – 70cm, maka pindahan bibit sanggup dilakukan. Bukalah polybag semaian secara perlahan supaya tanah semaian tidak rontok. Masukkan bibit ke di dalam lubang tanam yang telah disiapkan, sesudah itu tutup lagi lubang bersama dengan sisa tanah galian.

Cara Merawat Pohon Mahoni

Cara Merawat pohon mahoni terbilang tidak repot, tanaman ini lumayan sanggup bertahan hidup dan amat adaptasi pada lingkungan. Sehingga tidak jarang kita jumpai pohon mahoni tumbuh bebas di hutan.

Cara Merawat yang ditunaikan adalah bersama dengan laksanakan penyiraman sehabis penanaman dilakukan, dan pembersihan rumput atau semak pengganggu perkembangan pohon mahoni.

Itulah sebagian cara cara budidaya pohon mahoni, pembibutan yang benar bakal amat berpengaruh pada kesuksesan penanaman pohon mahoni. Pohon mahoni telah sanggup dipanen atau ditebang untuk dimanfaatkan kayu pohon mahoni ini pada usia kurang lebih 10 tahun. Tentunya ini bukanlah sementara yang sebentar, tapi penanaman pohon mahoni sanggup jadi solusi penggunaan lahan yang tidak produktif.
Cara penanaman pohon mahoni,cara menanam pohon mahoni dari biji,tata cara menanam pohon mahoni,cara penanaman bibit pohon mahoni,cara budidaya pohon mahoni,cara menanam pohon mahoni yang benar, Cara menanam pohon mahoni yang baik,bagaimana cara menanam biji pohon mahoni,Cara menanam pohon kayu mahoni

0 Response to "Cara Budidaya Pohon Mahoni dari Biji yang Baik dan Benar"

Posting Komentar