Pohon Jati Utama

ads
Budidaya pohon jati bertujuan utama untuk melestarikan bahan berharga perlengkapan rumah.
Manfaat utama dari pohon jati batangnya digunakan sebagai tiang dan dinding rumah kayu ber kualitas tinggi. Jenis Jati utama merupakan jati yang diambil dari clone terbaik dari muna ,  yaitu daerah asal Sulawesi Utara. itulah yang membedakan Jati dari Jati unggul lainnya. utama terutama dengan Jati utama teruji dengan iklim lingkungan di luar Jawa. varietasnya paling cocok ditanam di luar pulau Jawa , dengan ketinggian lebih kurang 700 meter diatas permukaan laut.

pohon jati utama
pohon jati utama-joglosemar.co
berdasarkan Hasil pengujian yang dilakukan oleh PT bumindo hastajaya Utama, pertumbuhan Jati utama mampu mencapai 2 sampai 4 meter yang berdiameter 13 cm saat berumur 2 tahun setelah penanaman. jarak penanaman antara batang 2 meter kali 2 meter. penjarangan pada Jati utama dilakukan setelah Jati berumur 4 sampai 5 tahun. Dalam usia 4 sampai 5 tahun ketinggian Jati utama sudah mencapai 51 sampai 7 meter dengan berdiameter 20 cm. Jati utama dapat dipanen setelah berumur 15 tahun.

Pohon jati utama

budidaya pohon jati bertujuan utama untuk mebel dan ukir-ukiran-manfaat utama dari pohon jati batangnya digunakan sebagai bangunan rumah dan kesenian kayu

Kayu Jati arthamas

Kayu Jati arthamas adalah bibit jati yang ditemukan dan diproduksi oleh Dr. Andriano SPOG. Kayu Jati ini dikembangkan di desa Ciomas Kabupaten Sukabumi provinsi Jawa Barat. jaty arthamas tumbuh lurus tanpa cabang,  bentuk batang bulat silindris,  berdaun kecil dan batangnya tidak keberatan. Sebab daun jati yang lebar akan membuat batang keberatan yang akan mengakibatkan batang melengkung.

jati arthamas
tokojabon.com
jadi, hasil penemuan jati ini dijamin tahan terhadap segala macam penyakit. penjarangan pada Jati arthamas ini dilakukan ketika Jati berumur 6 tahun,  adapun besar batang jati ini mampu mencapai 10 cm. dan penjarangan dilakukan separuh dari populasi yang ada. Dengan demikian berarti dalam usia 7 tahun, tinggi kayu jati arthamas mencapai 12 meter dan berdiameter 17,52 cm. sedang saat Jati berumur 10 tahun tinggi Jati mencapai 16 M dan berdiameter 25,48 cm.

0 Response to "Pohon Jati Utama"

Posting Komentar