Cara Budidaya Pohon Gaharu yang Baik Agar Cepat Tinggi dan Besar

ads
Bagaimana Cara Budidaya Pohon Gaharu yang baik dan benar agar cepat tumbuh tinggi dan besar ?
Berikut ini Panduan dalam budidaya pohon gaharu yang menghasilkan pohon yang cepat dapat di panen, karena pohon Gaharu bisa tumbuh dengan cepat tinggi dan cepat besar, mulai cara pembibitan yang benar, Cara budidaya pohon Gaharu yang baik agar menghasilkan pohon tumbuh dengan baik pula.

Cara Budidaya Pohon Gaharu yang Baik Agar Cepat Tinggi dan Besar

Bagaimana Cara Budidaya pohon gaharu yang baik dan benar sehingga cepat tumbuh tinggi dan besar ?

1. Cara membawa dampak Bibit Pohon Gaharu Berkualitas.
Tentu saja kita merasa dari bagian penting, yaitu persiapan bibit gaharu yang berkualitas. Bibit gaharu berkwalitas bisa Kita dapatkan dari KUT GSK, kita sedia kan dalam jumlah yang sangat banyak, Kita bisa pesan lewat cabang, ataupun korwil. Cabang GSK merupakan unit KUT GSK yang bekerja ataupun mengakses jaringan GSK itu sendiri dapat tapi posisinya diluar Kalimantan Barat, saat untuk korwil, itu kepanjangan dari Koordinator wilayah, yang mana jaringan atau unit kerja GSK ini bekerja di bawah naungan cabang, atau dikontrol langsung lewat kantor pusat GSK dikalimantan barat. Nah jikalau sebenarnya Kita berada diluar kalimantan barat, jangan segan untuk menghubungi kita bertanya seputar stok bibit gaharu. Biasanya cabang atau korwil siap bibit gaharu dari model Aquilaria Malaccensis, Microcarpa, dan Aquilaria Beccariana. Bibit model ini sebenarnya sedikit kesulitan membedakannya jikalau masih dalam polibag. Nanti jikalau sebenarnya Kita mempunyai rintangan bibit, saat cabang atau korwil kita tidak ada disekitar wilayah atau apalagi berjarak jauh Kita pasti bisa menentukan bibit dari penjual lainnya. Bibit gaharu berkwalitas pasti dapat menghasilkan nilai malah kembali terhadap masa inokulasi dan hasilnya.
Cara Budidaya Pohon Gaharu  via youtube
Minimal bibit pohon gaharu dalam suasana sehat, tidak tengah diserang hama, mempunyai diameter 1 cm, secara fisik akar dari bibit selanjutnya belum menembus polibag.

2. Persiapan lahan untuk ditanam Pohon Gaharu
Nah, jikalau Kita sudah mempunyai bibit yang siap tanam, siap tanam ini sedikitnya tinggi pohon 20 sd 30 cm. Kita pasti saja dapat bertanya, berapa pokok gaharu yang bisa ditanam untuk 1 hektare lahan ? Disini sedikitnya jarak tanam adalah 3x3 Meter. Kita bisa mengunakan jarak tanam lainnya jikalau dirasa ini sangat dekat/sempit. Jika sebenarnya Kita memilik lahan 1 hektare, ini artinya luas lahan Kita adalah 100m2, yang jikalau dikonversi kedalam mtr. ada 10.000 meter. Nah, jikalau sebenarnya jarak tanam yang Kita menggunakan 3x3 mtr. maka tinggal kita bagikan saja dengan hitungan 10.000 mtr. / 9 mtr. = 1.111 pohon gaharu. Wah, banyak sekali. Nah, untuk lahan tidak raih luas 1 hektare, tinggal diukur saja luasnya, dibagi luas jarak tanam.

3. Media Tanam yang baik untuk Pohon Gaharu
Pembuatan lubang tidak ada stKitar khusus, jikalau yang biasa ditunaikan yaitu lubang digali maksimum 1 bulan sebelum saat bibit ditanam atau dalam kurun saat sedikitnya 2 minggu. Apa target dari ini ? pasti saja sehingga tekstur dan struktur tanah menjadi lebih subur sehingga akar muda dari bibit bisa mengatur suasana perubahan struktur tanah dari polibag. Diusahakan sehingga tanah galian digemburkan terhadap saat persiapan lubang. 30x30x30 Merupakan ukuran yang stKitar dalamnya lubang, Kita bisa mengatur dengan tinggi bibit gaharu Kita. Jangan sampai batang bibit pohon gaharu Kita tertanam sangat dalam.

Adakah diantara teman-teman yang merekomendasikan pemberian pupuk dalam lubang ? jikalau ada silahkan dicoba dan tanyakan pupuk model apa yang sesuai dengan tesktur tanah yang ada ditempat Kita. Jika Kita berada dipesisir pantai, kemudian dambakan coba Budidaya gaharu diatas tanah yang tergenang air lebih dari 12 jam, kita berharap urungkan saja tekad Kita gara-gara perihal ini dapat sia-sia dan bisa saja merugikan Kita.

Rekomendasi pemberian pupuk organik bisa saja ditunaikan apalagi ini bisa dibilang penting, 3 sd 5 kg pupuk organik sangat direkomendasi untuk mempercepat laju pertumbuhan bibit. Bagi Kita yang dambakan memberikan pupuk model NPK bisa menggunakan dosis 20-30 gram perlubang. Untuk model tanah yang tingkat keasamanya <5 (kecil dari 5) bisa Kita tambahkan kapur dolomit 100gram tiap tiap lubang.

4. Pemberian Naungan untuk Pohon Gaharu
Untuk melindungi tanaman sehingga selamanya safe dan terlindungi dari cahaya matahari serta mengurangi penguapan air yang terlalu berlebih maka Kita bisa memberikan naungan sehingga bibit tidak terkena cahaya matahari langsung. Bisa saja Kita menggunakan jerami atau ditutup menggunakan daun yang berukuran lebar. Sebuah sumber menyatakan bahwa saat yang tepat untuk penanaman yaitu diantara pertengahan musim penghujan.

Bagaimana dengan suasana bahwa Kita Budidaya gaharu disela-sela tanaman budidaya lain  ? perihal ini tidak sangat diperhatikan.

5. Perawatan Umum untuk Pohon Gaharu
Kita bisa memberikan pestisida dalam wujud kimia atau pestisida organik. Hal ini pasti saja punya tujuan untuk melindungi tanaman Kita dari serangan hama yang biasa menggangu. Terutama terhadap musim kemarau. Daun gaharu sangat disukai hama ulat (Lepidoptera sp) Jika perihal ini terjadi, Kita bisa berikan isektisida kimia yang direkomendasi toko pertanian. Karena jikalau tidak, pohon gaharu Kita dapat sangat kehilangan daun dari pangkal sampai pucuk dan kemudian mati.


CARA AGAR TANAMAN GAHARU CEPAT BESAR DAN TINGGI

Kali ini Kami dapat share tehnik bagaimana  cara sehingga bibit gaharu yang kita tanam cepat pertumbuhannya tinggi dan besar. Ada banyak segi yang memengaruhi pertumbuhan gaharu, tak hanya dari segi kesesuaian model gaharu dengan model tanah dan lingkunagan ada sebagian perihal yang mesti kita lakuakan diantaranya adalah sebagai berikut.

 1. Pemangkasan Cabang untuk Pohon Gaharu
Agar tanaman Gaharu cepat besar dan tinggi mesti ditunaikan pemangkasan cabang dan ranting. Pemangkasan ini punya tujuan sehingga nutrisi yang diserap akar terpfokus terhadap pertumbuhan pohon. Pohon yang bercabang sejak dini mempunyai pertumbuhan yang agak lamban. Pemangkasan ranting dan cabang sebaiknya ditunaikan tiap tiap terjadinya cabang, yaitu disaat cabang masih muda sepanjang 2/3 cm saja. Namun bisa juga ditunaikan secara berkala seperti dua minggu sekali seperti nampak terhadap gambar 1. tapi ini kurang efektif gara-gara cabang yang kita potong sudah banyak menyerap unsur hara yang diperlukan pohon untuk tumbuh. Pilihlah cabang yang kuat dan subur untuk di pelihara. jalankan perihal selanjutnya sampai bibit berukuran 2 m seperti nampak terhadap gambar 2. Namun bisa konsisten ditunaikan misalnya diakui masih perlu. Gunakan Pisau yang tajam atau gunting tanaman.   Daun hasil pemangkasan bisa Kita jadikan teh gaharu.

2. Cara Pemupukan untuk Pohon Gaharu yang baik dan Benar
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi jalankan pemupukan secara teratur dan disesuaikan dengan keperluan pohon. Kita bisa mengunakan pupuk organik seperti kompos dan pupuk kKitang bisa ditunaikan 6 bulan sekali jikalau bisa pupuk organik lebih kita sarankan. Atau bisa juga mengunakan pupuk anorganbik bisa Kita beli di toko pertanian seperti NPK, jalankan pemupukan tiap tiap 3 bulan sekali. Ikutilah tatacara pemupukan yang benar sesuai dengan keperluan pohon untuk lebih jelasnya silahkan menyaksikan disini

3. Cara Mengatasi Hama terhadap tanaman pohon Gaharu
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi adalah dengan mengendalikan hama terhadap tanaman gaharu. Ada banyak model hama yang menyerang tanaman gaharu. Seperti busuk akar ganguan ulat pemakan daun dan serangan hama kutu putih. untuk membasmi kutu putih silahkan buka Cara Membasmi kutu putih Untuk menghindari hal-hal selanjutnya jalankan pembersihan secara rutin, menghindari naungan yang membawa dampak tanaman sangat lembab dan berilah kapur dolomit sehingga suasana tanah tidak telalu asam yang dapat membawa dampak busuk akar. Lakukan penyemprotan secara teratur baik disaat berjalan serangan hama ataupun sebagai perawatan.Untuk menghidari ganguan hama seperti babi menggunakan karung bekas seperti nampak terhadap gambar diatas.

4. Membuat Naungan untuk Tanaman pohon Gaharu
    Agar gaharu cepat besar dan tinggi bibit gaharu perlu naungan. Gaharu juga model pohon yang dalam pertumbuhannya perlu naungan sehingga ia bisa tumbuh secara optimal. Naungan bisa berwujud naungan berwujud tanaman seperti, singkong pepaya dll. atau naungan dari atap daun ilalang pelepah kelapa paranet dll.

5. Jarak Tanam yang sesuai untuk tanaman gaharu
    Agar tanaman gahau cepat pertumbuhannya besar dan tinggi jarak tanam mempunyai peranan yang segnipikan. Sebab mengenai erat dengan ketersedian unsur hara yang diperlukan tanamn gaharu dan juga keperluan gaharu dapat cahaya. Secara lazim ada dua pola penanaman gaharu yaitu monokultul (khusus tanaman gaharu saja) dan tumpang sari (tanaman gaharu di tanam sejalan dengan tanaman lainnya).

a. Untuk tanaman gaharu pola monokultur ada sebagian jarak tanam yang dianjurkan
Jarak tanam gaharu 2 m x 2 m ini sesuai untuk Kita yang mempunyai modal yang banyak dan atau keterbatasan lahan.
Jarak tanam gaharu 3 m x 3 m ini sesuai untuk Kita yang mempunyai modal menengah
Jarak tanam gaharu 4 m x 4 m ini sesuai bagi Kita yang mempunyai modal yang sederhana. atau liahat jarak tanam gaharu
 Untuk bagian awal tanaman gaharu perlu naungan sebagaimana Kami jelaskan diatas.

b. Adapun misalnya Kita menentukan tanaman dengan pola tumpang sari maka jarak tanamnya sangat fleksibel. Di mengatur dengan model tanaman yang menjadi mitra tanaman gaharu tersebut. Seperti karet, sawit kelapa dll. Tanam bibit Gaharu ditengah baris  tanamn mitranya dan Usahakan Tanaman gaharu  jangan sangat rapat. Dari hasil pengamatan kita pola penanam tumpang sari dengan tanaman yang lain seperti sawit, kelapa, karet dan pisang mempunyai pertumbuhan yang lebih baik .

6. Waktu Budidaya Gaharu Yang Baik
   Waktu Budidaya gaharu yang paling baik adalah di musim hujan dengan demikianlah kita tidak mesti jalankan penyiraman. Setelah tanah di lubangi dan di beri pupuk biarkan sepanjang satu atau dua minggu kemudian tanamlah bibit gaharu dengan membebaskan semua polybagnya secara perlahan sehingga tanahnya tidak pecah meninggalkan akar bibit. Waktu penanaman yang paling baik adalah di sore hari.
Tag : Cara Budidaya Pohon Gaharu Pdf,Cara Menanam Pohon Gaharu,Cara Menanam Pohon Gaharu Dengan Baik,Cara Menanam Pohon Gaharu Yang Baik,Cara Menanam Pohon Gaharu Pdf,Cara Menanam Pohon Gaharu Yg Benar,Cara Menanam Pohon Gaharu Yg Baik,Bagaimana Cara Budidaya Pohon Gaharu,Cara Menanam Bibit Pohon Gaharu,Cara Menanam Biji Pohon Gaharu,Cara Budidaya Pohon Gaharu,Bagaimana Cara Menanam Pohon Gaharu,Cara Menanam Pohon Kayu Gaharu,Cara Menanam Pohon Gaharu Super,

0 Response to "Cara Budidaya Pohon Gaharu yang Baik Agar Cepat Tinggi dan Besar"

Posting Komentar