Penyebaran Pohon Jati Di Indonesia

ads
Di dunia ini pohon kayu jati tidak dimiliki oleh semua negara.  Ternyata tanaman pohon jati pertumbuhannya lebih suka pada daerah beriklim tropis. Jadi, persebaran pohon kayu jati mulai dari benua asia, benua afrika, benua amerika dan benua australia. Bahkan sampai juga ke selandia baru.
Penyebaran pohon kayu jati di asia secara alami tersebar di negara-negara asia tenggara india dan srilangka.

Menurut sejumlah ahli botani. Pohon kayu jati merupakan spesies asli dari burma kemudian menyebar ke semenanjung india, thailand, filipina dan jawa indonesi. Akan tetapi sebagian ahli batoni lain menganggap pohon kayu jati adalah spesies asli dari burma, india, muangthai dan laos
Dan yang lain menganggap bahwa keberadaan pohon kayu jati di jawa dan beberapa pulau di indonesia adalah tumbuh alami tumbuh sendiri

Penyebaran pohon kayu jati di indonesia 

Penyebaran pohon kayu jati di indonesia nampaknya tidak merata.  Jadi, banyak dijumpai di jawa dan madura. Adapun pohon kayu jati di luar jawa jadi dapat ditemukan dalam hutan pohon kayu jati secara terbatas di berbagai tempat di pulau muna,daerah bima di pulau sumbawa dan di pulau sulawesi serta pulau buru.

Pohon kayu jati berkembang juga di daerah lampung yaitu di pulau sumatera indonesia, bali indonesia dan nusa tenggara indonesia. Keberadaan pohon kayu jati di sulawesi hanya di beberapa titik di bagian timur yaitu di pulau muna dan di pedalaman pulau buton, di teluk sampolawa.
Diduga bahwa pohon kayu jati juga terdapat di pulau kabaena serta di rumbia dan poleang sulawesi tenggara yang masih wilayah indonesia.

Penyebaran pohon kayu jati di sulawesi tenggara diduga merupakan cabang penyebaran pohon kayu jati dari jawa indonesia.  Adapun jati yang tumbuh di sulawesi selatan baru ditanam pada tahun 60-an, ketika itu banyak lahan di daerah bilia, soppeng, bone, sidrap dan enrekang sedang di budidayakan / dihutan kan kembali. Di daerah billa pertumbuhan pohon jati nya saat ini tidak kalah dengan yang ada di pulau jawa indonesia.

Menurut keterangan raffles pada tahun 1817 hutan pohon kayu jati tidak ditemukan di semenanjung malaya atau sumatera atau pulau-pulau yang berdekatan dengannya,  pohon kayu jati hanya tumbuh subur di jawa dan sejumlah pulau kecil di sebelah timurnya, yaitu sumbawa, madura dan bali .
Pernah juga ada usaha untuk mengembangkan pohon kayu jati di sumatera selatan dan kalimantan selatan namun hasil yang didapatkan kurang begitu menggembirakan, karena tanah di kalimantan dan sumatera selatan sangat asam.
Sumber : Buku Kayu Jati, Panduan Budi daya dan Prospek Bisnis

0 Response to "Penyebaran Pohon Jati Di Indonesia"

Posting Komentar