Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Pagar Rumah

ads
Membuat pagar kayu memang menjadi trend saat ini. Akan tetapi, agar tidak salah pilih ada baiknya sobat Budidaya Kayu Jati Mengenal lebih jauh berbagai jenis kayu yang cocok untuk pagar rumah

Berbagai macam jenis kayu telah banyak dijual di toko-toko kayu. Akan tetapi, apakah kamu sudah mengetahui kualitas serta daya tahannya. Selain kayu, cat yang cocok juga termasuk bahan yang menentukan kualitas pagar kayu atau keindahan pagar kayu.
Tidak Semua cat kayu cocok untuk jenis kayu. Oleh sebab itu, gunakanlah cat yang cocok dengan jenis kayu yang akan digunakan sebagai bahan bakar.

Jenis kayu tahan air dan panas yang cocok untuk pagar

Sebenarnya semua jenis kayu bisa digunakan sebagai bahan untuk membuat pagar rumah. Namun, dibutuhkan jenis kayu yang mempunyai daya tahan tinggi terhadap cuaca, baik panas ataupun air hujan. Oleh sebab itu, hanya beberapa jenis yang bisa dijadikan bahan pembuatan pagar kayu.

cara membuat pagar kayu
membuat pagar kayu via rumahminusculemalis.wordpress.com
Pada umumnya kayu yang dipakai untuk membuat pagar diperoleh di hutan-hutan pedalaman indonesia seperti di pulau sumatera, papua, kalimantan dan sebagian kecil dari jawa. Akan tetapi ada jenis kayu yang sudah dibudidayakan yaitu kayu jati dan kayu ntuk pagar jumlahnya terbatas, sehingga harganya pun cukup mahal. Kayu-kayu tersebut umumnyajati belanda, itu pun membutuhkan waktu belasan tahun untuk bisa dipanen. Selain kayu jati, jenis kayu seperti kayu ulin, merbau damar laut dan kamper banyak digunakan untuk membuat pagar kayu pada rumah-rumah.

Kayu ulin, merbau, damar laut dan kamper mempunyai ketahanan yang cukup tinggi terhadap cuaca dan air, selain itu juga jenis kayu-kayu tersebut merupakan kayu yang anti rayap.

Dan masing-masing jenis kayu tersebut mempunyai kelebihan dan kekurangan, misalnya kayu merbau yang kualitasnya 2 kali lebih baik dari kayu jati, selain itu harganya pun lebih murah dari pada kayu jati.

Kayu merbau yang berasal dari papua ini sudah lama di ketahui kualitasnya. Oleh masyarakat papua kayu anti rayap dan tahan kelembaban ini digunakan untuk membuat rumah, pagar, perahu, tiang listrik, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya.di daerah jawa kayu merbau sering digunakan untuk bantalan rel kereta api.

Adapun kayu hasil tebangan liar dengan kualitas nomor satu seperti kayu ulin dan kayu besi merupakan pilihan yang tepat. Kayu asli kalimantan ini terkenal sebagai kayu dengan ciri-ciri paling kuat dan keras di indonesia.

Oleh karena sangat berat dan tenggelam didalam air, kayu ini sangat sesuai untuk pondasi jembatan pelabuhan, bangunan pagar kayu, perabot rumah, luar rumah dan lantai kayu.

Kayu jati Cocok untuk Pagar Rumah

Jika dana yang tersedia cukup besar, kayu jati bisa diaplikasikan untuk pagar, selain kuat kayu jati juga memiliki tekstur yang menarik dibanding dengan kayu ulin. Dan kayu jati juga relatif mudah diperoleh/didapatkan.
Baca juga : Keunggulan Kayu jati

Kayu jenis kamper juga dapat digunakan untuk pagar, meskipun harga kayu kamper relatif lebih murah daripada kayu jati, tetapi daya tahan kayu kamper lebih rendah dari kayu jati, masing-masing jenis kayu untuk pagar umumnya tersedia dalam bentuk lembaran papan ukurannya bermacam-macam ada yang lebar 20 cm 15 cm hingga ukuran 30 cm, selain daripada itu kayu-kayu tersebut belum dihaluskan permukaanya. Akan tetapi biasanya penghalusan permukaan kayu dilakukan bersamaan dengan pembuatan pagar kayu

Bagi sahabat yang berniat membuat pagar kayu itulah sekelumit artikel yang dapat kami sajikan seputar jenis kayu tahan air dan panas yang cocok untuk pagar kayu buat rumah.Semoga Bermanfaat.

0 Response to "Jenis Kayu Yang Cocok Untuk Pagar Rumah"

Posting Komentar