Macam-Macam Kerajinan Materi Keras Dan Aneka Produk Kerajinan Materi Keras

ads
Macam-macam kerajinan materi keras dan aneka produk kerajinan materi keras
Hai sahabat sekalian,  kali ini saya akan memposting wacana macam-macam kerajinan materi keras 
 Kerajinan dari barang keras sering kita jumpai dalam acara sehari-hari, mulai dari kerajinan yang kecil hingga yang besar. Kamu sanggup mengubah benda-benda menyerupai biji-bijian, kayu, besi bekas menjadi barang yang mempunyai nilai seni bahkan mempunyai jual tinggi.
Tentu itu diharapkan sebuah kreatifitas serta penemuan dari kamu. Kerajinan materi keras sanggup di definisikan sebagai kerajinan yang pada proses pembuatannya memakai materi yang bersifat keras. Berdasarkan sifat bahannya karya kerajinan sanggup di bagi menjadi tiga jenis yaitu kerajinan materi keras, kerajinan tangan materi lunak, dan kerajinan tangan materi semi keras.
Untuk kali ini kita hanya akan mengulas wacana beberapa pola kerajinan materi keras. Biasanya kerajinan materi keras terbuat dari bahan-bahan menyerupai logam, kerajinan materi kayu, kerajinan materi bambu, kerajinan materi kerikil dan masih banyak lagi yang lainnya.

Contoh Kerajinan dari materi keras
















Untuk memudahkan kita dalam memahami kerajinan dari materi keras mari kita bagi menjadi 2 bab yaitu kerajinan dari materi keras yang bersifat alami artinya bahan-bahan yang dipakai memakai materi dari alam. Sedangkan yang satunya kerajinan dari materi keras buatan yaitu kerajinan yang materi utamanya memakai materi buatan manusia.

A. Kerajinan materi keras alami 


















Di sekitar kita banyak sekali tersedia materi yang disediakan oleh alam dan sanggup kita olah menjadi kerajinan tangan yang indah. berikut ini beberapa materi kerajinan materi keras yang telah tersedia di alam sekitar.

1. Kerajinan kayu

















Hutan yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia menjadi laba tersendiri bagi para pengrajin. Bahan sekali karya yang dihasilkan dari materi ini, yang paling banyak yang diminati orang ialah ukiran. Seni ukir setiap kawasan di Indonesia mempunyai ciri khas masing-masing, biasanya materi yang dipakai untuk gesekan berasal dari kayu jati, mahoni, waru dll.



2. Kerajinan Bahan Keras dari Bambu




 Saat ini banyak sekali kerajinan tangan yang terbuat dari bambu. Kerajinan ini mempunyai beraneka ragam jenis dengan tampilan menarik dan artistik. Salah satu bentuk kerajinan tangan dari bambu yang diakui oleh dunia ialah kerajinan ayaman.
Keahlian masyarakat Indonesia dalam menciptakan kerajinan ayaman sudah tidak diragukan lagi, aneka macam motif dan bentuk menarik telah memikat masyarakat dari mancanegara.

3. Kerajinan Bahan Keras dari Rotan

















Sifat dari tumbuhan rotan yang elastis dan berpengaruh menjadikannya tumbuhan ini gampang untuk dibentuk aneka macam kerajinan tangan. Contoh hasil kerajinan dari materi rotan menyerupai meja, kursi, lemari, tempat makan, dan masih banyak lagi yang lainnya.

4. Kerajinan Tangan Bahan Keras dari Batu



Banyak sekali kerajinan tangan di Indonesia yang terbuat dari batu. Teknik yang dipakai untuk menciptakan kerajinan pada kerikil memakai teknik pahat serta teknik ukir. Hasil kerajinan tangan dari kerikil menyerupai kerikil hias, asesoris, serta aneka macam hiasan luar ruangan yang mempunyai nilai seni yang tinggi.


B. Kerajinan Bahan Keras Buatan

















 Bahan utama dari kerajinan ini ialah bahan-bahan alam yang telah mengalami pengolahan oleh manusia. Faktor manfaat yang mendasari insan untuk mengolah materi ini. Beberapa pola materi keras buatan menyerupai logam, beling dan lain sebagainya.


1. Kerajinan Bahan Keras dari Logam

















Bahan logam biasanya di sanggup dari hasil tambang menyerupai besi, emas, perak dan lain-lain. Untuk menciptakan kerajinan dari materi logam biasanya memakai tehnik cor, ukir, tempa. Yaitu teknik dengan melelehkan kembali logam tadi sehingga menjadi cair kemudian dicetak sesuai dengan bentuk yang diinginkan. Saat ini banyak sekali kerajinan dari materi logam yang dijadikan tambahan yang mempunyai nilai tinggi menyerupai gelas, kap lampu, kalung dan cincin emas bahkan logam juga dijadikan simbol kejuaraan.

2. Kerajinan Bahan Keras dari Kaca Serat atau Fiberglass


















Kaca serat ialah beling cair yang ditarik menjadi serat tipis. Serat tersebut kemudian dipintal menjadi benang atau sanggup juga ditenum menjadi kain. Benang dan kain tersebut sanggup juga diresapi dengan resin, sehingga menciptakan materi tersebut menjadi berpengaruh dan tahan korosi.
Membuat kerajinan fiberglass membutuhkan beberapa adonan dalam proses pembuatannya. Campuran tersebut terdiri dari dari cairan resin, katalis, met, polish, serta talnk untuk menciptakan warna.
Nah itu ia macam-macam kerajinan materi keras. Semoga bermanfaat. 
Sumber : http://sarungpreneur.com/inilah-kerajinan-dari-bahan-keras-yang-harus-kamu-ketahui/

0 Response to "Macam-Macam Kerajinan Materi Keras Dan Aneka Produk Kerajinan Materi Keras"

Posting Komentar