Pohon Kayu Manis dan Khasiatnya

ads
Pohon Kayu Manis merupakan jenis pohon penghasil rempah-rempah. Kayu manis termasuk juga jenis rempah-rempah yang beraroma tinngi, rasanya manis, dan agak pedas. Masyarakat umum biasa memanfaatkan kayu manis untuk bumbu masakan makanan tertentu untuk menghasilkan rasa manis alami sekaligus wangi seperti untuk menggodok jagung,umbi ketela godok, kentang godok dll. Kayu manis Nama ilmiahnya : Cinnamomum verum
Akar Kayu Manis
Gambar Akar Pohon Kayu Manis

Klasifikasi dan Morfologi Kayu Manis
Klasifikasi dan Morfologi Kayu Manis
Kayu Manis Adalah
Kayu Manis Adalah
Khasiat Kayu Manis 
Khasiat Kayu Manis 
Manfaat Kayu Manis
Manfaat Kayu Manis
Cara Mengolah Kayu Manis untuk Obat
Cara Mengolah Kayu Manis untuk Obat

Pohon Kayu Manis dan Khasiatnya


Kayu Manis dan Manfaatnya, Kayu Manis merupakan salah satu rempah asli Indonesia yang terlampau digemari oleh masyarakat dunia. Hampir dalam setiap produk bakery, manfaatkan rempah satu ini. Kayu manis juga jadi salah satu aroma favorit pas musim gugur dan taste favorite dalam lebih dari satu kue khas masyarakat benua Eropa dan Amerika.

Di Indonesia tanaman kayu manis tumbuh hampir disetiap daerah, tetapi tempat penghasil kayu manis terbesar adalah Sumatera Barat dan Utara. Jenis kayu manis yang dihasilkan adalah cassiavera atau Cinnamomum Burmanii. Kayu manis ini adalah kayu manis khas Indonesia.

Dalam dunia aromatherapy, kayu manis dikenal dalam dua bentuk yakni minyak kayu manis (Cinnamon Bark Oil) dan Minyak daun Kayu Manis (Cinnamon Leaf Oil). Indonesia pas ini hanya memproses minyak kayu manis (cinnamon bark) saja.

Minyak kayu manis yang diproduksi di Indonesia, manfaatkan steam distillation dan water steam distillation. Namun ada lebih dari satu perusahaan yang memproses minyak ini manfaatkan Super critical CO2.

Berdasarkan lebih dari satu referensi, minyak kayu manis dikatakan membawa persentase antioksidant yang tinggi, yang terlampau efisien untuk mengatasi masalah pencernaan atau perut, mengontrol dan menstabilkan persentase gula darah dan sirkulasi darah, serta sebagai salah satu minyak penurun berat badan.

Manfaat Kayu Manis

berikut lebih dari satu faedah minyak kayu manis yang dikutip dari doktersehat.com


1. Mengontrol gula darah

Kayu manis memiliki kandungan anti oksidan yang dapat menopang mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis menopang sistem pencernaan sesudah makan dan menopang melakukan perbaikan respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui dapat menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

2. Anti Infeksi

Kayu manis punyai komponen anti infeksi natural. Dalam bermacam penelitian, kayu manis terbukti efisien menyingkirkan bakteri H. Pylori yang dapat menyebabkan sakit maag, dan bermacam tipe penyakit lainnya yang disebabkan bakteri.

3. Meningkatkan faedah otak

Mencium bau kayu manis diketahui dapat tingkatkan kesibukan otak. whfoods.com juga menyatakan bahwa bau kayu manis dapat tingkatkan sistem kognitif seseorang dan menopang dalam hal berkonsentrasi, mengingat, dan kecepatan bekerja pada program komputer.

4. Mengontrol gula darah

Kayu manis memiliki kandungan antioksidan yang dapat menopang mengontrol tingkat gula darah. Kayu manis menopang sistem pencernaan sesudah makan dan menopang melakukan perbaikan respon insulin pada pasien diabetes tipe-2. Satu gram kayu manis saja diketahui dapat menurunkan tingkat gula darah, triglycerides, kolesterol buruk, dan kolesterol keseluruhan pada pasien diabetes. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis juga menurunkan risiko penyakit jantung pada pasien diabetes.

5. Menurunkan kolesterol

Kayu manis memiliki kandungan kalsium, serat, dan banyak mineral layaknya mangan. Untuk itu, kayu manis terlampau sesuai untuk kebugaran pencernaan, usus, serta melindungi dari penyakit jantung. Kayu manis juga dapat menurunkan kolesterol. Kalsium dan serat pada kayu manis juga menopang menyingkirkan garam pada tubuh dan menghambat kanker usus. Tak hanya itu, serat pada kayu manis juga dapat menyembuhkan konstipasi atau diare.

6. Mencegah perkembangan sel kanker

Penelitian di University of Texas memperlihatkan bahwa kayu manis dapat mengurangi proliferasi sel kanker. Tidak hanya itu, kayu manis juga jadi salah satu rempah yang dapat menyembuhkan kanker.

7. Menghangatkan

Kayu manis kebanyakan digunakan pada pengobatan tradisional China pada orang yang terkena demam atau influenza. Hal ini karena kayu manis memiliki kandungan zat yang menyebabkan tubuh lebih hangat dan nyaman.

8. Mencegah penggumpalan darah

Cinnamaldehyde, minyak yang dihasilkan oleh kayu manis dapat menghambat darah untuk menggumpal. Berdasarkan whfoods.com, kayu manis mengeluarkan asam lemak anti-peradangan yang disebut arachidonic. Asam lemak ini sesudah itu mengurangi radang dan penggumpalan darah.

9. Meringankan sakit pada penderita rematik

Kayu manis dapat mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh rematik. Dalam penelitian yang ditunaikan di Department of Internal Medicine menunjukkan, kayu manis juga dapat mengurangi sitokin (protein-protein kecil sebagai mediator dan pengatur imunitas, inflamasi dan hematopoesis) yang dapat menyebabkan rematik.

10. Obat serbaguna

Kayu manis dapat dijadikan pengawet makanan yang alami, tidak cuman itu juga memiliki kandungan serat, kalsium, zat besi, dan mangan yang terbukti efisien mengurangi nyeri pas haid atau melahirkan. Kayu manis punyai persentase natural yang disebut cinnamaldehyde yang dapat menyeimbangkan hormon, tingkatkan hormon progesteron, dan mengurangi hormon testosteron pada wanita.

Dalam dunia Aroma (essential oil), Aroma kayu manis dapat didefinisikan sebagai : Peppery, Earthy, Spicy, Bright, Slightly, woodsy.

Berdasarkan lebih dari satu kajian, Karakteristik terapi (theraputic Properties) dari minyak ini adalah : Anti bacterial, Anti coagulant, anti-infection, anti inflamatory, anti microbial, anti oxidant, anti parasitic, antiseptic, antiviral, astringent, warming

Beberapa faedah minyak kayu manis dalam kajian aromatherapy yakni :

1.Body & Mind

Minyak Kayu manis dapat menurunkan berat badan, menstimulasi libido, menstimulasi sistem kekebalan tubuh, meredahkan depresi, mengurangi kolesterol dalam darah, anti bakteri dan virus serta radikal bebas, menyembuhkan tenggorokan dan menghambat sakit kepala.

2. Hair & Beauty

Minyak kayu manis Mengatasi inflamasi dan luka, menghambat dan menyingkirkan jerawat, dan infeksi kulit lainnya.

3. Home

Minyak kayu manis dapat membunuh bakteri dan germs, serta dapat digunakan sebagai pembasmi serangga.

Minyak ini dapat dicampur atau blend dengan : frakincense, lemon, tea tree, mandarin, orange, rosemary, ylang-ylang atau cananga.

0 Response to "Pohon Kayu Manis dan Khasiatnya"

Posting Komentar